BAB 1
PENDAHULUAN
A.LATAR BELAKANG
Proposal
usaha merupakan suatu dokumen tertulis yang menyatakan mengenai usaha atau
kemampuan ,sebuah bisnis untuk menjual barang atau jasa dengan menghasilkan
keuntungan yang memuaskan sehingga menarik bagi penyandang jasa.
Dalam
pembutan proposal ini ada beberapa aspek alasan yang penting, yakni :
·
Paling utama adalah, proposal ini merupakan tugas kewirausahaan yang
bertujuan untuk mengukur kemampuan kewirausahaan siswa.
·
Kedua, merupakan pernyataan tertulis wirusahawan dalam membuka
usaha,serta mengharapkan orang-orang/pihak-pihak tertentu hadir untuk
bergabung,bekerjasama maupun melakukan merger.
B.ALASAN MEMILIH USAHA
Alasan kami
memilih usaha ini karena menyadari semakin majunya zaman modern,semakin
tingginya pengaruh globalisasi,dan semakin meningkatnya pula perubahan cuaca
yang ekstrim menuntut seseorang untuk memakai pelindung tubuh yang
aman,nyaman,simple dan tentunya modis.Sehingga jaket berbahan denim merupakan
pelindung yang sangat tepat.
Selain itu,
kami juga ingin lebih memperkenalkan jaket denim ini bahwa,jaket denim tidak
sama dengan jaket jeans pada umumnya.Sekaligus mempopulerkan bahwa juga jaket
denim kami merupakan jaket trendy yang bisa dipakai disemua kalangan.Beda
halnya yang hanya dipakai untuk pekerja kasaran saja waktu dulu.
C.VISI,MISI,dan TUJUAN
VISI
Menjadi tempat solusi konsumen akan semua masalah yang mencakup
dunia fashion dan terdepan dalam pelayanan kinerja.
MISI
o
Memberikan pelayanan prima dan terbaik untuk kepuasan pelanggan.
o
Memberikan hasil jasa yang berkualitas.
o
Mengembangkan desain jaket dengan harga yang kompetitif.
o
Menjadi mitra pilihan utama dalam problema fashion terutama
tentang jaket.
TUJUAN
o
Menjadi penyedia jasa pembuatan jaket denim terbesar di Surakarta.
o
Menjadikan masyarakat yang modis.
o
Mengurangi jumlah pengangguran.
D.ANALISIS SWOT
STRENGTH
(Keunggulan)
o
Desain sederhana namun up to date.
o
Bahan yang lentur,lembut bagian dalam,dan nyaman.
o
Desain keren untuk kalangan remaja.
o
Tersedia desain yang berbeda-beda dan terbatas.
o
Bisa kilat 1 hari jadi untuk pemesanan satuan.
o
Bisa menyediakan bahan (kain jaket) jika konsumen tidak mau repot
menyediakan bahan sendiri.
o
Lokasi strategis dekat Universitas.
WEAKNESS
(Kelemahan)
o
Modal yang kurang untuk melengkapi fasilitas seperti kamar pas dan
kaca.
o
Tidak ada paten desain jaket.
o
Kreatifitas manusia yang terbatas.
OPPORTUNITY
(Peluang)
o
Selalu memberikan desain yang inovatif dan kreatif.
o
Budaya masyarakat yang konsumtif.
o
Budaya gengsi dan ingin berbeda di kalangan remaja.
TREAT
(Ancaman)
o
Munculnya pesaing baru dengan harga yang lebih murah.
o
Desain atau model yang dapat dicuri atau ditiru.
E.JADWAL KEGIATAN
Tempat
Usaha kami melayani konsumen pada hari Senin-Sabtu mulai pukul 08.00 WIB sampai
17.00 WIB.Pada hari besar dan Hari minggu kami libur.Dengan kegiatan setiap
hari kerja kami selalu mengerjakan pesanan yang ada.
BAB
II
TINJAUAN
UMUM
A.ASPEK MANAJEMEN
»
NAMA PERUSAHAAN
Usaha yang saya jalankan ini bergerak di
bidang jasa pelayanan pembuatan jaket denim.Usaha ini saya beri nama”DEN DENIM JACKET”.Ini hanya merupakan permainan
kata saja.Den yang berarti Raden, Denim yang berarti bahan yang kami
pakai.Dengan harapan lain usaha saya bisa menjadi pelopor usaha denim pertama
di Surakarta.
»
LOKASI USAHA
Setelah
melalui berbagai pertimbangan dan peninjauan tempat, maka saya telah memutuskan
tempat usaha yang efektif dan strategis untuk usaha yang saya jalankan.Dengan
mempertimbangkan hal-hal sebagai berikut:
ü
Letak Strategis
ü
Peluang Usaha Besar
ü
Tidak Banyak Pesaing
|
»
STRUKTUR ORGANISASI
Kewajiban
dan tanggung jawab setiap bagian:
1. Pimpinan
Usaha
i.
Bertindak sebagai kepala usaha
sekaligus sebagai penanggung jawab utama atas segala sesuatu yang
terjadi dalam proses usaha.
ii.
Mengatur dan mengkoordinir management usaha.
2. Produksi
i.
Bertugas mengerjakan semua proses pelayanan produksi.
ii.
Membungkus barang produksi.
3. Administrasi
i.
Mengurus masalah keuangan.
ii.
Menampung permodalan.
4. Pemasaran
i.
Bertugas mempromosikan usaha.
»
BENTUK BADAN USAHA
Usaha yang saya dirikan ini memakai bentuk badan usaha
perseorangan.Dengan alasan badan usaha ini sederhana dan paling mudah mengatur
maupun mengorganisasikan.Pimpinan usaha juga dapat langsung mengawasi proses
pelyanannya.
Usaha
yang sya pilih ini bergerak dibidang jasa.
B.ASPEK
PRODUKSI
Produksi adalah kegiatan yang
menciptakan,mengolah,mengupayakanpelayanan, menghasilkan barang dan jasa atau
usaha untuk meningkatkan suatu benda agar menjadi lebih berguna bagi kebutuhan
manusia.
Dalam hal ini produksi dalam usaha
saya berarti melayani pelanggan.Maka dari itu sebisa sebaik mungkin kami
melayani kemauan pelanggan dalam membuat jaket yang diinginkan agar mendapat
kepuasan akan hasil yamg diharapkan.Dan disini kami tidak hanya membuat jaket
untuk pria tetapi juga untuk wanita juga.
·
NAMA JASA
Merek/nama
jasa adalah merek yang digunakan pada jasa yang diperdagangkan oleh seseorang
atau beberapa orang secara bersama-sama atau badan hukum untuk membedakan
dengan jasa-jasa sejenis lainnya.Merk yang saya pakai dalam hal ini sama dengan
nama usaha saya, yaitu “Den Denim Jaket”
atau disingkat “DDJ”.Dengan alasan
supaya ketika orang tahu merk itu mereka juga tahu nama tempat pembuatnya.
Berikut sebagian dari desain yang
bisa saya berikan :
Pria
Wanita
·
BAHAN PRODUKSI
Bahan baku
merupakan bahan mentah yang menjadi dasar pembuatan suatu produk yang mana
bahan tersebut dapat diolah melalui proses tertentu untuk dijadikan wujud yang
lain.
Berikut bahan
yang digunakan untuk membuat jaket denim:
·
Kain Denim berbagai warna sebagai berikut,
·
Benang
·
Kancing
Bahan-bahan
tersebut cukup mudah didapatkan di pasaran,sehingga tidak sulit bagi kami
mendapatkannya.
·
PERALATAN
Peralatan adalah alat yang digunakan
untuk melayani jasa yang saya lakukan.Berikut perincian peralatan yang saya
gunakan untuk melayani pesanan jaket:
·
Mesin Jahit
·
Mesin Obras
·
Mesin Itik Lubang Kancing
·
Gunting
·
Jarum
·
Pendedel
·
Spul
·
Kapur Jahit
·
Penggaris Pembentuk Pola
·
Pita Ukur
·
Bantalan
·
PROSES PRODUKSI
Proses produksi merupakan kegiatan untuk menciptakan atau menambah
kegunaan suatu barang atau jasa dengan menggunakan faktor-faktor yang ada.Di
bawah in merupakan tahap dalam melayani peasanan pelanggan.
·
Tahap Penyambutan
Pertama-tama kami menyambut pelanggan
senyum,salam& sapa dengan seramah mungkin demi mendapatkan kenyamanan pelanggan
·
Tahap Pengukuran
Jika pelanggan sudah mantap dengan
piliha desain yang kami berikan maka kami selanjutnya mengukur badan pelanggan
untuk meakukan tahap pengerjaan.
·
Tahap Pembuatan Pola
Saat
Pegukuran selesai kemudian akan kami buat pola dari kertas untuk dijiplak ke atas kain sebelum kain digunting dan
dijahit. Pola dasar dibuat berdasarkan model pakaian, dan ukurannya disesuaikan
dengan ukuran badan pemakai.
·
Tahap Pemotongan Bahan
Setelah
pola disematkan ke kain dengan jarum
pentul atau dijiplak dengan kapur jahit, kain digunting sesuai pola.
·
Tahap Pekerjaan Menjahit
Setelah
kain digunting, potongan kain disambung denganmenggunakan
mesin
jahit.Setelah pakaian selesai dijahit,
bagian tepi kampuh yang bertiras dirapikan dengan mesin
obras agar benang-benang kain tidak
terlepas.
·
Tahap Finishing
Setelah
selesai, pakaian sering perlu dilicinkan dengan setrika di atas papan
setrika.Penyetrikaan bagian-bagian yang
sulit seperti lengan baju dilakukan dengan bantuan bantal
setrika.
§ BIAYA PRODUKSI/JASA
Biaya produksi adalah biaya yang dikeluarkan
untuk melayani pelanggan.Satu kali produksi selama seminggu kami dapat mengerjakan/melayani 156 buah
jaket.
Bahan baku: @156 buah = Rp.24.180.000
Jadi ,setiap buah saya perkirakan dari awal
sampa akhir proses pembuatan menghabiskan biaya sebesar Rp.155.000.
§ LOKASI PRODUKSI
Lokasi produksi kami berada di
Jl.Ir Sutami,Sekarpace,Surakarta.
C.ASPEK
PERMODALAN
v
Sumber Modal
Untuk mendirikan atau menjalankan suatu usaha diperlukan sejumlah
modal(uang) dan tenaga(keahlian).Maka modal adlah suatu hal yang sangat penting
dalam menjalankan suatu usaha.
Dalam
hal ini sya memakai 2 sumber modal, yaitu modal sendiri dan modal luar.Saya
mempunyai modal sendiri sebesar Rp.5.000.000.Saya juaga meminjam dari Bank Mandiri
sebesar Rp.15.000.000.
v Proyeksi Sumber Modal
Modal sebesar Rp.20.000.000 rencana diginakan untuk pembelian
aktiva tetap sebesar Rp.16.200.000, diwujudkan dalam kas sebesar RP.3.800.000.
Sumber modal dan proyeksi sumber modal terlihat dalam neraca
dibawah ini:
NERACA
AWAL
Per
1 Januari 2013
Aktiva Kewajiban dan Modal
Cash
Flow
Laporan
Rugi Laba
Per 31 Juni 2014
Penjualan barang 101.000.000
HPP 64.000.000
Laba Kotor 37.000.000
Beban usaha
Upah
tenaga kerja 4.000.000
Bunga
bank 750.000
Transport 1.000.000
Pajak 500.000
Sewa kontrakan 3.000.000
Jumlah 9.250.000
LABA
BERSIH 27.750.000
Laporan
Neraca
Neraca
Akhir
Per
31 Juni 2014
LAPORAN
PERUBAHAN MODAL
Per
31 Juni 2014
Modal Sendiri 5.000.000
Laba Usaha
27.750.000
Modal Sendiri
Per 31 Juni 2014 32.750.000
D.ASPEK
PEMASARAN
Dalam system pemasaran saya
melakukan pemasaran dengan marketing mix yang meliputi
product,price,promotion,and place.
Marketing Mix meliputi:
a. Product
Produk merupakan sesuatu yang bisa ditawarkan di pasar untuk
mendapatkan perhatian,untuk dibeli,digunakan atau dikonsumsi sehingga dapat
dapat memenuhi kebutuhan.
Karena usaha yang saya jalankan bergerak dalam bidang jasa maka
yang kami hasilkan bukan berupa produk barang tapi dalam pelayanan yang
memuaskan bagi pelanggan.Kami sadar benar bahwa mendapatkan kepercayaan seorang
pelanggan lebih penting.Karena walaupun hanya seorang pelanggan kalau kita
memberikan pelayanan yang terbaik maka pelanggan tersebut juga akan memberi
dampak positif pada diri kita.Maka dari itu kami selalu berusaha bersikap ramah
,mengembangkan pelayanan yang prima, dan mengedepankan kepercayaan &
kepuasan pelanggan.
b. Price
Price/harga merupakan sejumlah uang yang akan dikeluarkan
pelanggan untuk memperoleh barang dari produk/jasa perusahaan.
Usaha ini memang berawal untuk mencari laba.Tetapi kami tidak
muluk-muluk dalam mencari laba.Maka dari itu kami melakukan riset kecil di
pasar terlebih dahulu demi mendapatkan harga yang dapat dijangkau konsumen dan
memberikan keuntungan bagi kami.Berikut perinciaanya:
Harga
Beli per @: Rp.155.000
Laba
per @: Rp. 5.000
Sehinga saya mengambil keputusan untuk menentukan harga jual
pelayanan jasa saya sebesar.Harga Jual: Rp.160.000
c. Promotion
Promosi adalah suatu usaha dari pemasar dalam menginformasikan dan
mempengaruhi orang atau pihak lain sehingga tertarik untuk melakukan transaksi
atau pertukaran produk barang atau jasa yang dipasarkannya.Dengan dilakukannya
kegiatan promosi usaha saya ini mengharapkan adanya peningkatan angka penjualan
dan keuntungan.
Hal pertama yang saya tekankan dalam promosi adalah melalui media
online terutama social media dengan sasaran utama adalah para remaja.Selain itu
kami juga menyebar & menempel pamphlet diberbagai tempat yang menurut kami
berpotensial menghadirkan banyak pelanggan.Cara Face to Face maupun Mount to
Mount juga tidak luput dari strategi kami.
Untuk lebih menarik para pelanggan lagi,kami akan memberlakukan diskon
untuk pemesanan partai besar atau grosir sebesar 5-10%.Kami juga akan membuka
member card bagi pelanggan kami yang ingin menjadi pelanggan
tetap.Keuntungannya adalah pelanggan akan mendapatkan diskon dan pemberitahuan
desain-desain terbaru kami melalui social media.
Dengan dilakukannya kegiatan promosi usaha saya ini & strategi
tersebut saya mengharapkan adanya peningkatan angka penjualan dan keuntungan.
d. Place
Place atau tempat usaha adalah bidang atau wadah yang digunakan
sebagai tempat usaha yang akan kita jalankan nantinya.
Tentunya
kami memilih tempat usaha yang sangat berpotensi mendatangkan keuntungan untuk
kita.Maka dari itu tempat yang kami pilih harus memiliki kriteria yang
strategis,bisa diakses dengan mudah,dan dapat dilihat oleh konsumen.Dengan
alassan agar mudah untuk mempromosikan & mudah dalam mendatangkan bahan
baku pula.
BAB
III
PENUTUP
(KESIMPULAN)
Usaha
jasa pada dasarnya usaha yang tidak memerlukan modal yang banyak.Asal mempunyai
peralatan dan tempat iru sudah bisa untuk memulai usaha.Namun dalam mendapatkan
kepuasan pelanggan perlu dibutuhkan pelayanan yang terbaik kepada konsumen.Dan
tetap menjaga kualitas pelayanan itu mutlak demi mendapatkan pelanggan yang
semakin banyak.
Saya
sadar ternyaa proses dalam pemasaran merupakan proses yang sangat susah.Karena
dalam pemasaran tersebut merupakan suautu proses awal untuk mendapatkan
pelanggan sekaligus kepercayaannya.Walaupun saya dalam prose pembelajaran saya
dapat meraskan susahnya hal tersebut.
Dari
awal modal yang saya keluarkan sebesar Rp.5.000.000 dan modal pinjaman sebesar
Rp.15.000.000.Sekarang saya memiliki laba bersih sebesar Rp.27.750.000 dalam
waktu 6 bulan.
Harga
jasa yang saya jual per buahnya adalah Rp.160.000.Sehingga modal sya sendiri
sebesar Rp.32.750.000.
0 comments:
Post a Comment