PROPOSAL USAHA
“DONAT PRAMRIS”
Ditujukan Kepada
Guru Pembimbing Kewirausahaan
SMK NEGRERI 2 SURAKARTA
Disusun Oleh :
Nama
: Pramardatina Oktriarpono
No
: 28
Kelas
: XII TPM A
SMK NEGERI 2 SURAKARTA
Jl. LU Adi Sucipto
No.33 Surakarta No. Telp (0271)714901
Tahun Pelajaran
2013/2014
KATA PENGANTAR
Puji syukur saya
panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas petunjuk dan hidayah-Nya, sehingga
saya dapat menyelesaikan proposal kewirausahaan dengan baik dan tepat waktu.
Proposal kegiatan
usaha ini disusun guna memenuhi tuga mata pelajaran Kewirausahaan. Disamping itu proposal ini dimaksudkan agar siswa dapat
mengembangkan kemampuan kewirausahaannya. Tidak lupa pada kesempatan ini saya
haturkan rasa terima kasih kepada :
1. Bapak Drs. Susaanta, MM selaku Kepala Sekolah SMK N 2 Surakarta yang
telah memberikan ijin untuk menyusun laporan.
2. Ibu Sri Ngatini, S.Pd selaku guru kewirausahaan sekaligus sebagai pembimbing penyusunan
laporan.
3. Orangtua saya yang
selalu memberikan dukungan serta doa untuk saya
4. Teman
– teman saya yang telah membeerikan motivasi dan dukungan dalam pembuatan
proposal usaha ini
5. Semua pihak yang
membantu menyelesaikan penyusunan proposal kegiatan usaha ini.
Saya menyadari
masih ada kekurangan dalam penyajian proposal kegiatan usaha ini. Oleh karena
itu, kritik dan saran yang membangun untuk kesempurnaan proposal serta usaha
yang dijalankan.
Semoga proposal
kegiatan usaha ini bermanfaat bagi pengembangan kemampuan kewirausahaan.
Surakarta, 19 Oktober 2013
Penulis
Pramardatina Oktriarpono
LEMBAR PENGESAHAN
Proposal usaha yang
berjudul usaha “DONAT PRAM RIS” ini ditujukan untuk memenuhi tugas mata diklat pelajaran kewirausahaan:
Telah disetujui oleh pembimbing
Hari/Tanggal :
Tmpat :
SMK Negeri 2 Surakarta Jl. LU Adi Sucipto No.33 Surakarta
Guru Kewirausahaan
/ Pembimbing
Sri Ngatini, S.Pd
NIP. 19680218 199003 2 005
DAFTAR ISI
Halaman Judul
................................................................................................ 1
Kata Pengantar
............................................................................................... 2
Halaman Pengesahan
......................................................................................
3
Daftar Isi
.......................................................................................................... 4
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Pembuatan Proposal Usaha
......................................... 5
B. Ruang Lingkup Usaha
...........................................................................
6
C. Visi
dan Misi Perusahaan……………………………………………….
D. Analisis
SWOT…………………………………………………………
E. Jadwal
Kegiatan………………………………………………………...
BAB II TINJAUAN UMUM
A. Aspek Manajemen Usaha
1. Nama
Perusahaan
........................................................................
7
2. Lokasi Usaha
.............................................................................. 7
3. Struktur
Organisasi ....................................................................... 8
4. Bentuk Badan Usaha .................................................................... 8
B. Aspek Produksi
1. Nama Produk
.................................................................................
11
2. Bahan Produk
................................................................................
14
3. Peralatan
.......................................................................................
16
4. Proses Produksi
............................................................................... 18
5. Biaya Produksi ……………………………………………………
6. Lokasi
Produksi…………………………………………………..
C. Aspek Permodalan
1.
Sumber Modal…………………………………………………….
2.
Proyeksi Sumber Modal………………………………………….
3.
Cash Flow………………………………………………………..
4.
Laporan Rugi / Laba……………………………………………..
5.
Laporan Neraca…………………………………………………..
6. Laporan Perubahan
Modal………………………………………
D.
Aspek Pemasaran
1. Marketing
Mix………………………………………………….
BAB III PENUTUP…………………………………………………………………
BAB I
PENDAHULUAN
A.
LATAR BELAKANG PEMBUATAN PROPOSAL USAHA
B.
Proposal usaha
merupakan dokumen tertulis yang disiapkan oleh wirausahawan untuk mengembangkan
semua unsur yang relevan, sehingga orang luas tertarik untuk menjalin
kerjasama. Dalam pembuatan proposal ini ada dua aspek alasan yang penting,
yaitu:
A. Alasan Edukasi
a) Proposal ini
merupakan syarat untuk mengikuti ujian praktek kewirausahaan.
b) Untuk mengukur
kemampuan siswa untuk berwirausaha
B. Alasan Bisnis
a) Merupakan
persyaratan wirausahawan sebagai pemilik dan pemegang inisiatif dalam membuka
usaha.
b) Mengundang
orang-orang yang potensial untuk bergabung dan bekerjasama
c) Mengatur
pembentukan kerjasama dengan perusahaan lain yang sudah ada dan saling
menguntungkan.
d) Menjamin adanya
fokus tujuan dari berbagai personil yang ada dalam perusahaan.
B. ALASAN
MEMILIH USAHA
Kami memilih
usaha ini karena proses-prosesnya cukup mudah untuk pemula bagi kami yang baru
mendirikan usaha baru. Selain itu usaha donat ini banyak pengusaha lain yang
meminati usaha ini sehingga para pengusaha lainya berlomba-lomba mempromosikan
donat dengan harga paling murah tetapi kualitas produk itu kurang terjamin dari
segi apapun dengan untung yang didapat masih relative kecil.
Saya berbeda dengan menawarkan produk
yang terjamin dari banyak segi baik kesehatan,kualitas,kuantitas dan brand
produk tersebut dengan membuat rasa khas dengan bentuk donat berbeda. Maka saya
telah menyiapkan semua rencana usaha dengan sedetail detailnya agar usaha ini
semakin maju dan berkembang.
C. VISI DAN
MISI PERUSAHAAN
VISI
Mampu bersaing di
dunia bisnis dan menciptakan lapangan pekerjaan serta menjadi wirausahawan
sukses.
MISI
1. Membuat produk yang berkwalitas dan bermanfaat bagi konsumen
2. Lebih menguasai bidang bisnis serta dapat mengembangkan usaha ini
3. Mengembangkan makanan dengan harga
yang dapat dijangkau masyarakat menengah keatas
4. Kreatif dan Inovatif dalam membuat
rasa atau model bentuk donat yang baru
5. Teliti dalam
berusaha,menciptakan daya tarik baru makanan berkelas,dengan menjamin mutu,kualitas
dan kuantitas produk
TUJUAN
Melalui hal ini saya berusaha untuk:
1. Belajar dan
mencari pengalaman berwirausaha
2. Berperan sebagai
pencipta lapangan pekerjaan
3. Memenuhi kebutuhan
masyarakat
4. Menanggulangi
pengangguran sejak dini
D. ANALISA SWOT
a. Strength
(Keunggulan)
1. Produk mudah
dipasarkan
2. Cita rasa produk
yang khas
3. Harga termasuk murah
4.
Bentuk panganan yang menarik dan berbeda beda
b. Weakness
(Kelemahan)
1.
Membutuhkan tenaga kerja yang mampu
membuat rasa khas enak, lezat, bergizi
2.
Kerugian akibat barang rusak
3.
Kurangnya karyawan dalam produksi
c. Opprtunity (Peluang)
1.
Banyak orang tua ataupun anak-anaak yang menyukai makanan donat yang
lembut
2.
Proses distribusi mudah
3.
Sudah memiliki relasi usaha dalam bidang distribusi atau took
4. Masyarakat yang kini lebih pintar dan modern
yang lebih mementingkan kualitas produk dari pada harga yang murah
5. Gaya / Trend masyarakat modern yang tidak
mau ketinggalan jaman buat mencoba/membeli sesuatu
d. Treatment
(Ancaman)
1.
Adanya pesaing yang membuat Donat jenis lain dangan harga setara.
e. Kesimpulan
Bahwa usaha
tersebut layak dilakukan dengan perbandingan S + O = 5 dan W + T = 2
E. JADWAL
KEGIATAN
NO
|
HARI
|
KEGIATAN
|
PENANGGUNG JAWAB
|
1
|
Senin - Kamis
|
Memproduksi dan Mendistribusikan
|
Semua Anggota
|
2
|
Jum’at
|
Libur
|
Semua Anggota
|
3
|
Sabtu - Minggu
|
Memproduksi dan
Menjual
|
Semua Anggota
|
Uraian Program
Kerja
|
Tanggal
Mulai
|
Tanggal selesai
|
Penanggung jawab
|
Penentu Jenis Usaha
|
01-10-2013
|
02-10-2013
|
Semua Anggota
|
Menyusun Bussines Plan
|
03-10-2013
|
07-10-2013
|
Semua Anggota
|
Menyusun Anggaran Biaya
|
08-10-2013
|
12-10-2013
|
Semua Anggota
|
Melakukan Proses Pemasaran
|
13-10-2013
|
20-10-2013
|
Semua Anggota
|
BAB II
TINJAUAN UMUM
A. ASPEK MANAJEMEN USAHA
1. Rangkuman
Eksekutif
Manajemen
Pemasaran adalah suatu usaha untuk merencanakan, mengimplementasikan serta
mengawasi atau mengendalikan kegiatan pemasaran dalam suatu organisasi agar
tercapai semua tujuan organisasi secara efektif dan efisien. Fungsi manajemen
pemasaran untuk menganalisis pasar dan lingkungan pemasarannya, sehingga diperoleh
keuntungan untuk mendapat peluang usaha.
2. Sasaran Usaha
Sasaran utama
(pelanggan) dari bisnis ini adalah semua masyarakat. Sebab jika usaha ini
dikenali masyarakat dan disenangi maka keuntungan yang didapat sangat banyak
dan dapat mensejahterakan wirausaha serta membuat lowongan pekerjaan bagi
pengangguran.
3. Manajemen
Usaha ini keluarga
kami yang mengelola dan kami mengajak kerjasama para tetangga serta saudara
yang dapat diandalkan dalam bisnis ini.
NAMA PERUSAHAAN
Usaha yang saya
jalankan bergerak dibidang produksi dan pemasaran makanan ringan. Usaha ini
saya beri nama “ PRAMRIS “ . Alasan
saya memilih nama ini karena saya mengambil dari nama saya sendiri yaitu “Pram”
dan kata “Ris” yaitu berasal dari kata Laris yang dimaksutkan agar usaha yang
saya jalankan ini banyak peminat dan pembeli yang menyukai produk hasil usaha
saya
LOKASI USAHA
Pemilihan lokasi usaha memang sangat penting terhadap kelangsungan dan
perkembangan usaha itu sendiri, untuk itu dalam pemilihan dan penentuan usaha
perlu berhati-hati dan harus disesuaikan dengan usaha yang dijalankan berjalan
lancar dan kelangsungan usaha terjamin. Usaha ini bertempat di Pasar Gagan Desa Padokan RT 06/04, Sawahan, Ngemplak, Boyolali.
U
|
Denah Lokasi Usaha
Lokasi Usaha
|
Mini market
|
Pasar Gagan
|
Tugu Boto
|
STRUKTUR ORGANISASI
Struktur
organisasi yaitu suatu bagan yang disusun untuk mempermudah dan mengetahui
gambar secara sistematis mengenai hubungan kerjasama orang-orang yang terdapat
dalam suatu badan dalam rangka untuk mencapai suatu tujuan.
Dalam suatu
struktur organisasi nantinya kita akan mengetahui sistem manajemen dari
organisasi tersebut kemudian dengan struktur organisasi itu akan lebih mudah
melakukan koordinasi dan mengetahui tugas masing-masing.
Dari struktur
organisasi tersebut dapat dijelaskan bahwa pimpinan
memegang kendali perusahaan, kemudian untuk melaksanakan usahanya dibantu oleh
tenaga kerja dan bendahara atau administrasi.
Kewajiban dan
tanggungjawab setiap bagian:
- Pemimpin usaha
Bertanggungjawab penuh atas segala
sesuatu yang terjadi dan berlangsung dalam proses usaha.
- Administrasi
Mengurusi masalah keluar masuknya
uang
- Tenaga kerja
Mengerjakan semua
proses produksi
Memasarkan barang
dagangan
Mematuhi peraturan
dari pimpinan
Mengerjakan proses
memasak makanan usaha
BENTUK BADAN USAHA
Bentuk badan usaha
yang saya ddirikan adalah bentuk badan usaha perseorangan. Saya memilih bentuk
badan usaha perseorangan karena lebih efisien dalam bentuk laba maupun dalam
bekerja
Badan
usaha yang saya dirikan ini bergerak dalam bidang kuliner
B. ASPEK
PRODUKSI
Kegiatan yang
menimbulkan tambahan manfaat atau faedah baru. Dalam masalah ini atau
menjelaskan mengenai jenis produksi, bahan baku, dan bahan penolong proses
produksi
NAMA PRODUK
Nama
produk adalah nama yang diberikan kepada suatu barang dagangan yang fungsinya
untuk mengetahui nama panganan tersebut dan barang dapat di ingat lewat nama
yang diberikan tersebut. Nama produk pudding ini adalah “ PRAMRIS DONAT “. Diharapkan konsumen dapat mengungat apa yang
mereka makan dan brand ini diharapkan sebagai keeberuntungan bagi saya. Nama
ini saya ambil dari nama perusahaan saya yaitu PramRis.
BAHAN BAKU PRODUKSI
Usaha yang saya jalankan ini berupa
pembuatan distribusi dan penjualan “DONAT”.
Dalam proses produksi ini
membutuhkan bahan, antara lain :
1.
Tepung Terigu
|
2.
Telur
|
3.
Mentega
|
4. Gula Pasir
|
5. Ragi
|
6. Garam
|
7. Air Mineral
|
Sehingga perlu dilakukan proses
pengolahan lebih lanjut untuk menjadi “DONAT” siap jual dan telah dikemas secara rapi dan siap disajikan
PERALATAN
Peralatan
adaalah alat yang digunakan untuk memproduksi produk yang saya produksi.
Berikut adalah beberapa peralatan yang saya butuhkan dalam memproduksi donat
1.
Kompor Gas
2.
Panci dan Pengaduk
3.
Cetakan donat beraneka bentuk
4.
Plastik mika atau plstik bening
5.
Label
6.
Nampan atau Loyang
PROSES PRODUKSI
Berikut ini saya akan menguraikan
proses produksi pembuatan dan penjualan DONAT :
Pembuatan serta kemasaan sebagai
berikut :
- Campur tepung terigu, ragi instan, susu bubuk, dan gula pasir. Aduk rata. Tambahkan telur dan air es sedikit-sedikit sambil diuleni sampai kalis. Masukkan margarin dan garam. Uleni sampai elastis. Diamkan 15 menit.
- Kempiskan adonan. Timbang masing-masing 40 gram. Bulatkan dan diamkan 10 menit.
- Pipihkan adonan dan lubangi tengahnya. Letakkan diloyang yang ditabur tepung terigu. Diamkan 30 menit sampai mengembang.
- Goreng dalam minyak padat yang sudah dipanaskan sampai matang. Angkat dan tiriskan.
- Celup ke cokelat masak pekat leleh. Tabur meises.
Tahap selanjutnya yaitu kemasan,
cara mengemas Donat sangat mudah, Donat yang telah di celup ke cokelat masak pekat leleh dan di taburi meises dimasukkan kedalam plastik kemasan lalu yang sudah diberi logo.
BIAYA PRODUKSI
Biaya
produksi adalah biaya yang dikeluarkan untuk memproduksi
Pengeluaran biaya produksi pada
usaha ini yaitu sebagai berikut :
Biaya bahan baku Donat
: Rp. 750.000,-
Biaya kemasan dan Pembuatan : Rp. 250.000,- +
Jumlah biaya : Rp. 1.000.000,-
Setiap satu kali produksi selama seminggu saya dapat
memproduksi 1000 buah donat. Jadi setiap buah saya perkirakan dari awal sampai
akhir proses pembuatan menghabiskan biaya sebesar Rp. 1.000 ,-
LOKASI PRODUKSI
Usaha ini bertempat di Pasar Gagan Desa Padokan RT 06/04, Sawahan, Ngemplak, Boyolali. Dari Tugu Boto ke Utara sampai pertigaan Pasar Gagan ke
utara 200m
C. ASPEK
PERMODALAN
KEUANGAN
Keuangan merupakan
rincian dari biaya-biaya yang diperlukan dalam memperlihatkan biaya produksi,
modal (investasi untuk modal awal berdirinya usaha), rencana penjualan,
proyeksi, cashflow (1 bulan), perhitungan rugi dan laba dan neraca. Berikut
adalah rinciannya:
SUMBER MODAL
Modal
adalah kolektivitas dari barang-barang yang ada dalam proses produksi. Modal
adalah suatu yang sangat penting untuk mendirikan usaha.
Untuk
usaha ini saya memakai 2 sumber modal yaitu dari modal sendiri dan modal luar.
Saya mempunyai modal sendiri sebesar 1.000.000,- Saya juga meminjam modal dari
Bank Mandiri Syariah sebanyak Rp. 6.000.000,-
Sumber Modal
Investasi
Pada tahap pertama menekankan
penggunaan nilai investasi secara efektif dan efisien:
Uraian
|
Jumlah
|
Modal sendiri
|
Rp. 1.000.000
|
Modal pembuatan produk
|
Rp. 150.000
|
Kemasan
|
Rp. 100.000
|
Tepung Terigu
|
Rp. 200.000
|
Gula
|
Rp. 150.000
|
Telur
|
Rp. 130.000
|
Margarin
|
Rp. 50.000
|
Ragi
|
Rp. 100.000
|
Garam
|
Rp. 10.000
|
Gas
|
Rp. 110.000
|
Keterangan
|
Rp. 1.000.000
1000 bungkus
1 bungkus Rp. 1000,-
|
PROYEKSI SUMBER MODAL
Modal
sebesar 6.000.000,- direncanakan digunakan untuk pembelian aktiva tetap sebesar
4.000.000,- diwujudkan dalam kas sebesar 3.000.000,-
NERACA AWAL
PER 1 JANUARI 2014
Aktifa Kewajiban
dan Modal
Aktiva lancar
|
Hutang
|
||
Kas
|
3.000.000
|
Hutank Bank
|
6.000.000
|
0
|
|||
Aktiva Tetap
|
Modal sendiri
|
||
Peralatan
|
4.000.000
|
Peenyertaan
|
1.000.000
|
Jumlah
|
7.000.000
|
Jumlah
|
7.000.000
|
Rencana Penjualan
Mengingat keterbatasan dana maka
rencana penjualan usaha dalam 1 bulan pertama direncanakan sebagai berikut:
Produksi :
No
|
Uraian
|
Jumlah
Produksi
(Unit/Potong)
|
Harga Satuan
(Rp)
|
Jumlah Produksi
(Rp)
|
1
|
Bulan Februari
|
1000
|
Rp. 1000
|
Rp. 1.000.000
|
2
|
Bulan Maret
|
1100
|
Rp. 1000
|
Rp. 1.100.000
|
3
|
Bulan April
|
1200
|
Rp. 1000
|
Rp. 1.200.000
|
4
|
Bulan Mei
|
1300
|
Rp. 1000
|
Rp. 1.300.000
|
5
|
Bulan Juni
|
1400
|
Rp. 1000
|
Rp. 1.400.000
|
Jumlah
|
Jumlah
|
6000
|
Penjualan
No
|
Uraian
|
Jumlah
Produksi (Unit)
|
Harga Jual
(Rp)
|
Jumlah Penjualan (Rp)
|
Laba (Rp)
|
1
|
Bulan 1
|
1000
|
Rp. 2.000
|
Rp. 2.000.000
|
Rp. 1.000.000
|
2
|
Bulan 2
|
1100
|
Rp. 2.000
|
Rp. 2.200.000
|
Rp. 1.100.000
|
3
|
Bulan 3
|
1200
|
Rp. 2.000
|
Rp. 2.400.000
|
Rp. 1.200.000
|
4
|
Bulan 4
|
1300
|
Rp. 2.000
|
Rp. 2.600.000
|
Rp. 1.300.000
|
5
|
Bulan 5
|
1400
|
Rp. 2.000
|
Rp. 2.800.000
|
Rp. 1.400.000
|
Total
|
6000
|
CASH FLOW
Uraian
|
Bulan
|
Jumlah
|
|||||
Januari
|
Februari
|
Maret
|
April
|
Mei
|
Juni
|
||
Kas Awal
|
3.000.000
|
5.000.000
|
7.400.000
|
10.200.000
|
13.400.000
|
||
Penerimaan
|
|||||||
Penyertaan/Iuran
|
1.000.000
|
1.000.000
|
|||||
Pinjaman Bank
|
6.000.000
|
6.000.000
|
|||||
Penjualan Produk
|
8.000.000
|
8.800.000
|
9.600.000
|
10.400.000
|
11.200.000
|
48.000.000
|
|
Jumlah Penerimaan
|
7.000.000
|
11.000.000
|
13.800.000
|
17.000.000
|
20.600.000
|
24.600.000
|
55.000.000
|
Pengeluaran
|
|||||||
Beli Barang
|
4.000.000
|
4.400.000
|
4.800.000
|
5.200.000
|
5.600.000
|
24.000.000
|
|
Beli Peralatan
|
4.000.000
|
||||||
Upah Tenaga Kerja
|
1.000.000
|
1.000.000
|
1.000.000
|
1.000.000
|
1.000.000
|
5.000.000
|
|
Angsuran Bank
|
500.000
|
500.000
|
500.000
|
500.000
|
500.000
|
2.500.000
|
|
Bunga Bank
|
60.000
|
60.000
|
60.000
|
60.000
|
60.000
|
300.000
|
|
Transport
|
440.000
|
440.000
|
440.000
|
440.000
|
440.000
|
2.200.000
|
|
Jumlah Pengeluaran
|
4.000.000
|
6.000.000
|
6.400.000
|
6.800.000
|
7.200.000
|
7.600.000
|
34.000.000
|
Saldo Akhir
|
3.000.000
|
5.000.000
|
7.400.000
|
10.200.000
|
13.400.000
|
17.000.000
|
LAPORAN RUGI
LABA
PER 31 JUNI
2014
Uraian
|
|
Harga Pokok Penjualan
|
Rp. 24.000.000
|
Penjualan
|
Rp. 48.000.000
|
Laba Kotor
|
Rp. 24.000.000
|
Beban Usaha
|
|
Upah Tenaga
Kerja
|
5.000.000
|
Bunga Bank
|
300.000
|
Transport
|
2.200.000
|
Jumlah
|
7.500.000
|
Laba Bersih
|
16.500.000
|
NERACA AKHIR
PER 31 JUNI
2014
Aktifa
|
Kewajiban dan
Modal
|
||
Aktiva Lancar
|
Hutang
|
||
Kas
|
17.000.000
|
Hutang Bank
|
3.500.000
|
Aktiva Tetap
|
Modal Sendiri
|
||
Peralatan
|
4.000.000
|
Penyertaan
|
1.000.000
|
Laba Usaha
|
16.500.000
|
||
Jumlah
|
21.000.000
|
JUmlah
|
21.000.000
|
LAPORAN
PERUBAHAN MODAL
PER 31 JUNI
2014
Modal Sendiri
|
1.000.000
|
Laba Usaha
|
16.500.000
|
Modal Sendiri
per 31 Juni 2014
|
17.500.000
|
D. ASPEK PEMASARAN
Dalam pemasaran produk menerapkan
strategi yaitu “PRODUCT, PRICE, PROMOTION dan PLACE”
a. Produk
Didalam upaya memperlancar
pemasaran produk yang harus senantiasa ditekankan adalah pengembangan produk
yang berkesinambungan tanpa mengurangi rasa dan kualitas produk itu sendiri.
Disamping itu untuk menarik pelanggan juga dibuat kemasan produk menarik dengan
tidak kuno. Sehingga produk tersebut semakin mempunyai karakter.
b. Price (Harga)
Harga
dalam strategi pemasaran adalah suatu komponen yang sangat relative untuk
dilakukan tergantung jenis konsumen yang mana yang akan saya jadikan sasaran
Dalam
hal ini saya melihat dan meneliti bahwa kebanyakan pengusaha lainya
berlomba-lomba membuat produk donat dengan menawarkan harga yang relative
murah,jadi saya mempunyai peluang yang lebih besar untuk menjadikan masyarakat
menengah keatas sebagai sasaran pemasaran,masyarakat yang lebih melihat dari
segi produk bukan harga yang ditawarkan
Dalam penetapan
harga berpegang pada pemikiran bahwa kebijakan harga didasarkan atas tingkat
harga yang wajar bagi dua pihak yaitu konsumen dan produsen. Serta lebih
penting lagi harus terjangkau oleh semua lapisan masyarakat.
Bentuk rincian :
Total penjualan :
Rp. 48.000.000
Total produksi
: Rp. 24.000.000 -
Laba Kasar
: Rp. 24.000.000
Biaya
: Rp. 7.500.000 -
Laba Bersih
: Rp. 16.500.000
Harga beli per@ Rp.
1.000,-
Laba per@ dari bahan Rp.
1000,-
Sehingga saya memutuskan untuk menentukan harga jual produk saya sebesar
Harga Jual : Rp. 2000,-
c. Promosi
Pada tahap awal promosi yang dilakukan melalui promosi dari mulut ke mulut.
Meskipun produk yang ditawarkan ini bukan produk baru. Disamping itu promosi
juga dapat dilakukan dengan penitipan di warung – warung, dan iklan,saya
menggunakan beberapa cara promosi yaitu ;
1.
face to face
2.
melalui media social seperti facebook dan twitter
3.
mount to mount atau dari mulut kemulut
4.
menggunakan situs jual beli online
5.
berkerja sama dengan pemilik market atau took khusus penjual
donat ( relasi/rekan kerja )
d. Place
Distribusi adalah suatu kegiatan menyalurkan kepada konsumen yang membutuhkan.
Distribusi dibagi menjadi dua macam, yaitu :
1. Distribusi secara langsung
2. Distribusi secara tidak langsung
Mengenai hal tersebut usaha kami mendistribusikan barang secara langsung kepada
konsumen/masyarakat dengan cara ini diharapkan produk ini dapat dikenal oleh
masyarakat luas.
BAB III
PENUTUP
Dan fakta yang ada
saat ini, berdasarkan perencanaan yang saya buat ini, saya menyimpulkan bahwa
banyak peluang-peluang usaha yang dapat kita manfaatkan.
Dengan semua
perencanaan dan usaha tersebut, saya memperkirakan akan memperoleh keberhasilan
dalam belajar dan mohon maaf kepada semua pihak yang berperan dalam pembuatan
proposal ini.
Usaha saya
bergerak dalam bidang produksi DONAT tetap berusaha
untuk mengedepankan pelayanan yang terbaik kepada pelanggan. Usaha saya yang
mulai dibentuk pada bulan Januari 2013.
Dalam pembuatan
sampai penjualan DONAT yang merupakan
produksi warga yang beralamat di Kabupaten Boyolali. Usaha yang saya jalankan
merupakan usaha kecil yang mendapat modal dari saya pribadi.
5 comments:
terimakasih telah berbagi artikel yang bermanfaat...
Aplikasi Kasir Restoran Terbaik
Terima kasih sangat bermanfaat
Nama saya Dian Pelangi dari Jakarta di Indonesia, saya seorang perancang busana dan saya ingin menggunakan media ini untuk memberitahu semua orang agar berhati-hati dalam mendapatkan pinjaman di internet, begitu banyak pemberi pinjaman di sini adalah penipu dan mereka ada di sini. menipu Anda dengan uang hasil jerih payah Anda, saya mengajukan pinjaman untuk sekitar Rp900.000.000 wanita di Malaysia dan saya kehilangan sekitar 29 juta tanpa mengambil pinjaman, saya membayar hampir 29 juta masih saya tidak mendapatkan pinjaman dan bisnis saya tentang jatuh karena hutang.
Ketika saya mencari perusahaan pinjaman swasta yang dapat diandalkan, saya melihat iklan online lainnya dan nama perusahaan tersebut adalah THE WORLD LOAN COMPANY. Saya kehilangan 15 juta dengan mereka dan sampai hari ini, saya tidak pernah menerima pinjaman yang saya ajukan.
Ya Tuhan, teman-teman yang mengajukan pinjaman juga menerima pinjaman tersebut, memperkenalkan saya pada perusahaan terpercaya di mana Ibu Christabel bekerja sebagai manajer cabang, dan saya mengajukan pinjaman sebesar Rp900.000.000 dan mereka meminta kredensial saya, dan setelah itu mereka selesai memverifikasi detail saya, pinjaman disetujui untuk saya dan saya pikir itu hanya lelucon, dan mungkin ini adalah salah satu penipuan yang membuat saya kehilangan uang, tetapi saya tertegun. Saat saya mendapatkan pinjaman dalam waktu kurang dari 6 jam dengan suku bunga rendah 2% tanpa agunan
Saya sangat senang Tuhan memakai teman saya yang menghubungi mereka dan memperkenalkan saya kepada mereka dan karena saya selamat membuat bisnis saya melambung tinggi dan dilikuidasi dan sekarang bisnis saya terbang tinggi di Indonesia dan tidak ada yang akan mengatakannya. tahu tentang perusahaan fashion.
Jadi saya sarankan semua orang yang tinggal di Indonesia dan negara lain yang membutuhkan pinjaman untuk satu tujuan atau lain untuk menghubungi
christabel ibu melalui email: christabelloancompany@gmail.com
Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: (lianmeylady@gmail.com) dan Sety memperkenalkan dan berbicara tentang christabel, dia juga mendapat pinjaman baru dari christabel, Anda juga dapat menghubungi dia melalui emailnya: permatabudiwati@gmail.com Sekarang, semua yang akan saya lakukan adalah berusaha memenuhi pembayaran pinjaman yang saya kirimkan langsung ke rekening mereka setiap bulan.
Sebuah kata untuk orang bijak sudah cukup
Sekali lagi terima kasih telah membaca kesaksian saya, dan semoga Tuhan terus memberkati kami dan memberi kami umur panjang dan hidup sejahtera dan semoga Tuhan melakukan pekerjaan baik yang sama dalam hidup Anda.
Ibu yang baik Christabel Missan Nomor WhatsApp +15614916019
Nama saya Dian Pelangi dari Jakarta di Indonesia, saya seorang perancang busana dan saya ingin menggunakan media ini untuk memberitahu semua orang agar berhati-hati dalam mendapatkan pinjaman di internet, begitu banyak pemberi pinjaman di sini adalah penipu dan mereka ada di sini. menipu Anda dengan uang hasil jerih payah Anda, saya mengajukan pinjaman untuk sekitar Rp900.000.000 wanita di Malaysia dan saya kehilangan sekitar 29 juta tanpa mengambil pinjaman, saya membayar hampir 29 juta masih saya tidak mendapatkan pinjaman dan bisnis saya tentang jatuh karena hutang.
Ketika saya mencari perusahaan pinjaman swasta yang dapat diandalkan, saya melihat iklan online lainnya dan nama perusahaan tersebut adalah THE WORLD LOAN COMPANY. Saya kehilangan 15 juta dengan mereka dan sampai hari ini, saya tidak pernah menerima pinjaman yang saya ajukan.
Ya Tuhan, teman-teman yang mengajukan pinjaman juga menerima pinjaman tersebut, memperkenalkan saya pada perusahaan terpercaya di mana Ibu Christabel bekerja sebagai manajer cabang, dan saya mengajukan pinjaman sebesar Rp900.000.000 dan mereka meminta kredensial saya, dan setelah itu mereka selesai memverifikasi detail saya, pinjaman disetujui untuk saya dan saya pikir itu hanya lelucon, dan mungkin ini adalah salah satu penipuan yang membuat saya kehilangan uang, tetapi saya tertegun. Saat saya mendapatkan pinjaman dalam waktu kurang dari 6 jam dengan suku bunga rendah 2% tanpa agunan
Saya sangat senang Tuhan memakai teman saya yang menghubungi mereka dan memperkenalkan saya kepada mereka dan karena saya selamat membuat bisnis saya melambung tinggi dan dilikuidasi dan sekarang bisnis saya terbang tinggi di Indonesia dan tidak ada yang akan mengatakannya. tahu tentang perusahaan fashion.
Jadi saya sarankan semua orang yang tinggal di Indonesia dan negara lain yang membutuhkan pinjaman untuk satu tujuan atau lain untuk menghubungi
christabel ibu melalui email: christabelloancompany@gmail.com
Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: (lianmeylady@gmail.com) dan Sety memperkenalkan dan berbicara tentang christabel, dia juga mendapat pinjaman baru dari christabel, Anda juga dapat menghubungi dia melalui emailnya: permatabudiwati@gmail.com Sekarang, semua yang akan saya lakukan adalah berusaha memenuhi pembayaran pinjaman yang saya kirimkan langsung ke rekening mereka setiap bulan.
Sebuah kata untuk orang bijak sudah cukup
Sekali lagi terima kasih telah membaca kesaksian saya, dan semoga Tuhan terus memberkati kami dan memberi kami umur panjang dan hidup sejahtera dan semoga Tuhan melakukan pekerjaan baik yang sama dalam hidup Anda.
Ibu yang baik Christabel Missan Nomor WhatsApp +15614916019
polos dan sederhana, mr pedro adalah orang yang paling baik dan petugas pinjaman terbaik di layanannya. kami memiliki jalan yang sangat bergelombang selama seluruh proses renovasi bisnis kami, karena keadaan kehabisan dana. mr pedro tetap di atas semua pihak untuk memastikan semuanya tetap pada jalurnya untuk memenuhi tenggat waktu yang ketat untuk menutup pinjaman kami. kami menghargai semua yang dia lakukan untuk kami dan kami sangat merekomendasikan dia dan perusahaan pinjamannya kepada siapa pun yang ingin mendapatkan pembiayaan. terima kasih kembali pak pedro. hubungi mr pedro jerome di: pedroloanss@gmail.com juga di whatsapp: +1-8632310632.
Post a Comment