Seseorang yang dimuliakan adalah ia yang bermanfaat bagi sesamanya, Semoga Blog ini bermanfaat untuk anda :)

Tuesday 13 April 2021

Kerangka Tugas dan Tanggung Jawab Manajemen: Prinsip-prinsip Manajemen, Tujuan dan Sasaran Manajemen, Tugas dan Pekerjaan Manajemen

 Kerangka Tugas dan Tanggung Jawab Manajemen

Adalah dimensi tanggung jawab sosial yang diemban oleh manajemen yang berisi tentang hubungan kemanusiaan, penetapan harga, hubungan-hubungan karyawan, pelestarian sumber daya, mutu dan keamanan produk, dan operasi hak asasi manusia.

 

Pandangan Terhadap Tanggung Jawab Manajemen • Pandangan Klasik • Pandangan Sosial Ekonomi

 

  1. Pandangan Klasik Menurut aliran ini :

berpandangan bahwa satu-satunya tanggung jawab manajemen adalah untuk memaksimalkan keuntungan/laba: Maka implikasinya :

1. kebanyakan manajer sekarang ini adalah manajer profesional, yang berarti mereka tidak memiliki perusahaan yang mereka jalankan.

2. Manajer memutuskan sumber daya untuk organisasi bagi kebaikan sosial

3. Penekatan yang dipakai adalah pendekatan mikro.

4. Terdapat tekanan kompetitif bagi investasi tertinggi.

 

  1. Pandangan Sosial Ekonomi • Menurut pandangan ini :

Bahwa tanggung jawab sosial manajemen jauhmempaui sekedar memperoleh labamelainkan juga mencakupmelindungi dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Menurut pandangan ini :

1. Zaman sudah berubah, harapan masyarakat berubah .

2. Para manajer seharusnya prihatin dengan memaksimalkan pendapatan finansial jangka panjang.

3. Mereka harus menerima kewajiban-kewajiban sosial dan biaya-biaya yang menyertainya.

4. Panangan klasik itu melintas dihadapan realitas.

 

Argumen yang mendukung :

1. Harapan masyarakat dengan kekuasaan

2. Laba jangka panjang

3. Kewajiban etis pemegang saham

4. Citra masyarakat

5. Lingkungan yang lebih baik

6. Menghambat peraturan pemerintah

7. Keseimbangan tanggungjawab

8. Kepentingan-kepentingan

9. Kepemilikan sumber- sumber

10. Keunggulan pemegang atas penanganan masalah.

 

  1. Argumen yang menentang

1. Menghalangi maksimali laba

2. Lunturnya tujuan

3. Biaya-biaya

4. Terlampau banyak kekuasaan

5. Kurangnya keterampilan

6. Kurangnya pertanggung jawaban

7. Kurangnya dukungan masyarakat luas

 

Tanggung jawab sosial : adalah suatu kewajiban perusahaan di luar tanggung jawab yang diminta oleh hukum dan ekonomi, untuk mengejar sasaran jangka panjang yang baik bagi masyarakat. Kewajiban sosial : Kewajiban suatu bisnis untuk memenuhi tanggung jawab ekonomi dan hukum. Tanggapan sosial : kemampuan perusahaan untuk menyesuaikan dengan keadaan masyarakat yang berubah-ubah

 

  1. Prinsip-prinsip Manajemen Prinsip adalah : suatu hasil generalisasi yang telah diuji keabsahanya dan ternyata benar, serta dapat menjelaskan realita sehingga mampu meramalkan apa yang akan terjadi dalam keadaan yang sama.

 

  1. Prinsip manajemen : kebenaran universal mengenai manajemen yang dapat diajarkan di sekolah. Prinsip Ilmu Manajemen :

 

1. Pengembangan ilmu yang benar

2. Pemilihan yang berdasarkan keilmuan dari setiap unsur pekerjaan.

3. Pendidikan yang ilmiah dan pengembangan berdasarkan ilmu.

4. Kerjasama kemitraan yang harmonis antara manajemen dengan setiap ilmu

  1. TUJUAN MANAJEMEN ¢ Mengapa manajer perlu mengetahui Manajemen ? Maksudnya adalah agar tujuan organisasi dapat dimengerti dan diterima oleh pegawai, dicamkan sedalam-dalamnya dalam jiwa mereka untuk mencapai tujuan yangdiinginkan.

Sifat-sifat tujuan :         1. Tujuan ditentukan terlebih dahulu titik akhirnya.

2. Tujuan dimengerti mereka yang akan melakukan

3. Tujuan harus dinyatakan baik tertulis maupun lisan

 

  1. Tujuan organisasi :

1. Pembuatan keputusan

2. Meningkatkan efisiensi

3. Perwujudan konsistensi

4. Membuat penilaian kinerja

 

  1. Sasaran Manajemen Sasaran Manajemen Sasaran manajerial : adalah tujaun yang ingin dicapai yang mencakup skup tertentu yang menunjukkan arah kemana usaha- usaha manajer dikerahkan.

 

  1. Sasaran           1. Sasaran strategis untuk manajemen puncak

2. Sasaran taktis fungsional untuk manajemen menengah

3. Sasaran operasional untuk manajer bawah.

  1. Maka sasaran dapat digambarkan : Sasaran perusahaan : untuk memperoleh laba ¢Sasaran pekerja :tercapainya kepuasan ekonomis, sosial psikologis

 

  1. Sasaran Manajemen :

1. Mencari laba

2. Kepentingan pekerja

3. Kepentingan masyarakat dan pembeli

4. Kepentingan stake holders.

Share:

0 comments:

BTemplates.com

About

BTemplates.com

Total Pageviews

Terimakasih atas kunjungannya, dan pastinya semoga bermanfaat!. Powered by Blogger.