Kerangka Tugas dan Tanggung Jawab Manajemen
Adalah dimensi tanggung
jawab sosial yang diemban oleh manajemen yang berisi tentang hubungan
kemanusiaan, penetapan harga, hubungan-hubungan karyawan, pelestarian sumber
daya, mutu dan keamanan produk, dan operasi hak asasi manusia.
Pandangan Terhadap
Tanggung Jawab Manajemen • Pandangan Klasik • Pandangan Sosial Ekonomi
- Pandangan
Klasik Menurut aliran ini :
berpandangan
bahwa satu-satunya tanggung jawab manajemen adalah untuk memaksimalkan
keuntungan/laba: Maka implikasinya :
1.
kebanyakan manajer sekarang ini adalah manajer profesional, yang berarti mereka
tidak memiliki perusahaan yang mereka jalankan.
2. Manajer memutuskan sumber daya untuk organisasi bagi kebaikan
sosial
3. Penekatan yang dipakai adalah pendekatan mikro.
4. Terdapat tekanan kompetitif bagi investasi tertinggi.
- Pandangan
Sosial Ekonomi • Menurut pandangan ini :
Bahwa tanggung jawab
sosial manajemen jauhmempaui sekedar memperoleh labamelainkan juga
mencakupmelindungi dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Menurut pandangan
ini :
1. Zaman sudah berubah, harapan masyarakat berubah .
2. Para manajer seharusnya prihatin dengan memaksimalkan
pendapatan finansial jangka panjang.
3. Mereka harus menerima kewajiban-kewajiban sosial dan
biaya-biaya yang menyertainya.
4. Panangan klasik itu melintas dihadapan realitas.
Argumen
yang mendukung :
1. Harapan masyarakat dengan kekuasaan
2. Laba jangka panjang
3. Kewajiban etis pemegang saham
4. Citra masyarakat
5. Lingkungan yang lebih baik
6. Menghambat peraturan pemerintah
7. Keseimbangan tanggungjawab
8. Kepentingan-kepentingan
9. Kepemilikan sumber- sumber
10. Keunggulan pemegang atas penanganan masalah.
- Argumen
yang menentang
1. Menghalangi maksimali laba
2. Lunturnya tujuan
3. Biaya-biaya
4. Terlampau banyak kekuasaan
5. Kurangnya keterampilan
6. Kurangnya pertanggung jawaban
7. Kurangnya dukungan masyarakat luas
Tanggung
jawab sosial : adalah suatu kewajiban perusahaan di luar tanggung jawab yang
diminta oleh hukum dan ekonomi, untuk mengejar sasaran jangka panjang yang baik
bagi masyarakat. Kewajiban sosial : Kewajiban suatu bisnis untuk memenuhi
tanggung jawab ekonomi dan hukum. Tanggapan sosial : kemampuan perusahaan untuk
menyesuaikan dengan keadaan masyarakat yang berubah-ubah
- Prinsip-prinsip
Manajemen Prinsip adalah : suatu hasil generalisasi yang telah diuji
keabsahanya dan ternyata benar, serta dapat menjelaskan realita sehingga
mampu meramalkan apa yang akan terjadi dalam keadaan yang sama.
- Prinsip
manajemen : kebenaran universal mengenai manajemen yang dapat diajarkan di
sekolah. Prinsip Ilmu Manajemen :
1. Pengembangan ilmu yang benar
2. Pemilihan yang berdasarkan keilmuan dari setiap unsur
pekerjaan.
3. Pendidikan yang ilmiah dan pengembangan berdasarkan ilmu.
4. Kerjasama kemitraan yang harmonis antara manajemen dengan
setiap ilmu
- TUJUAN
MANAJEMEN ¢ Mengapa manajer
perlu mengetahui Manajemen ? Maksudnya adalah agar tujuan organisasi dapat
dimengerti dan diterima oleh pegawai, dicamkan sedalam-dalamnya dalam jiwa
mereka untuk mencapai tujuan yangdiinginkan.
Sifat-sifat tujuan : 1.
Tujuan ditentukan terlebih dahulu titik akhirnya.
2. Tujuan dimengerti mereka yang akan melakukan
3. Tujuan harus dinyatakan baik tertulis maupun lisan
- Tujuan
organisasi :
1. Pembuatan keputusan
2. Meningkatkan efisiensi
3. Perwujudan konsistensi
4. Membuat penilaian kinerja
- Sasaran
Manajemen Sasaran Manajemen Sasaran manajerial : adalah tujaun yang ingin
dicapai yang mencakup skup tertentu yang menunjukkan arah kemana usaha-
usaha manajer dikerahkan.
- Sasaran
1. Sasaran strategis untuk
manajemen puncak
2. Sasaran taktis fungsional untuk manajemen menengah
3. Sasaran operasional untuk manajer bawah.
- Maka
sasaran dapat digambarkan : Sasaran perusahaan : untuk memperoleh laba ¢Sasaran pekerja
:tercapainya kepuasan ekonomis, sosial psikologis
- Sasaran
Manajemen :
1. Mencari laba
2. Kepentingan pekerja
3. Kepentingan masyarakat
dan pembeli
4. Kepentingan stake
holders.
0 comments:
Post a Comment