a. Pengertian
Administrasi
Kata
administrasi berasal dari bahasa latin yaitu “administrare”. Dalam
bahasa Inggris administrasi yaitu “administration”, yang
berarti melayani, memenuhi, mengatur, menyelenggarakan suatu usaha atau suatu
organisasi/lembaga dalam mencapai tujuannya secara intensif.
Administrasi
dapat diartikan sebagai usaha bersama untuk mendayagunakan semua sumber baik
personil maupun materil secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan
tertentu.
Adapun
pengertian administrasi menurut para ahli yaitu :
1) Leonald.
D. White, administrasi adalah suatu proses yang biasanya terdapat pada semua
usaha kelompok, baik usaha pemerintah ataupun swasta, sipil atau militer baik
dalam skala besar ataupun kecil.
2) Herbert
A. Simon, administrasi adalah kegiatan dari kelompok orang-orang yang
bekerjasama untuk mencapai tujuan bersama.
3) Soewarno
Handayaningrat dalam bukunya “Pengantar Studi Ilmu Administrasi dan Manajemen”,
administrasi adalah suatu kegiatan yang meliputi catat-mencatat,
surat-menyurat, pembukuan ringan, ketik mengetik, agenda dan sebagainya yang
bersifat teknis ketatausahaan.
b. Pengertian
Manajemen
Manajemen
berasal dari bahasa latin yaitu dari asal kata “manus” yang berarti tangan
dan “agere” yang berarti melakukan. Kata-kata itu digabung
menjadi kata kerja “managere” yang berarti menangani, managere
diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris dalam bentuk kata kerja “to manage” untuk
orang yang melakukan kegiatan manajemen akhirnya management diterjemahkan
kedalam bahasa Indonesia menjadi manajemen/ pengelolaan.
Jadi
Manajemen adalah ilmu dan seni tentang upaya untuk semua sumber daya yang
dimiliki untuk mencapai tujuan secara efektif dan efisien.
Adapun
pengertian menurut para ahli tentang Manajemen yaitu :
1) Stoner,
manajemen adalah proses perencanaan, pengorganisasian, memimpin dan mengawasi
usaha-usaha dari suatu organisasi dan dari sumber - sumber organisasi dan dari
sumber organisasi lainnya untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
2) S.P.
Hasibuan, manajemen adalah ilmu dan seni mengatur proses pemanfaatan sumber
daya manusia dan sumber-sumber lainnya secara efektif dan efisien untuk
mencapai tujuan tertentu.
3) Prof.
Oei Liang Lee, manajemen adalah suatu ilmu dan seni merencanakan,
mengorganisasi, mengarahkan, mengoordinasikan serta mengawasi tenaga manusia
dengan bantuan alat-alat untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
Dapat
disimpulkan bahwa manajemen dapat diartikan sebagai ilmu untuk memimpin suatu
usaha atau organisasi mulai dari merencanakan, membagi tugas sesuai dengan
pendidikan dan keahliannya, serta melakukan pengawasan agar mencapai tujuan
yang telah ditetapkan.
c. Bapak Ilmu Manajemen dan Teori Manajemen Modern
Pada tahun 1946 Peter F. Drucker sering juga disebut sebagai Bapak Ilmu
Manajemen melahirkan salah satu buku paling awal tentang
manajemen terapan sebagai berikut yakni “Konsep Korporasi” (Concept of the Corporation).
Sedangkan Henry Fayol merupakan tokoh teori manajemen operasional manajemen dikenal dengan julukan Bapak teori manajemen modern
d. Pionir-pionir Manajemen
Pionir-pionir yang berperan penting dalam sejarah perkembangan ilmu manajemen adalah sebagai berikut : 1. Henry Fayol (1916; Bapak
teori administrasi modern) 2. Robert Owen (1828; Bapak manajemen kepegawaian) 3. Charles Babbage (1839; Bapak komputer)
4. Hugo Munsterberg (1916; Bapak psikologi industri)
0 comments:
Post a Comment