Seseorang yang dimuliakan adalah ia yang bermanfaat bagi sesamanya, Semoga Blog ini bermanfaat untuk anda :)

Sunday 4 May 2014

Latar Belakang Budidaya Pembesaran Ikan Lele



BUDIDAYA PEMBESARAN IKAN LELE
Dalam beberapa waktu belakangan ini banyak sekali masyarakat kita yang mencoba berbudidaya ikan lele baik di pembesaran maupun pembenihannya.Kebanyakan yang dipilih adalah pembesaran yang katanya lebih gampang.tapi banyak juga terkendala oleh faktor-faktor sebagai berikut:

1.       Kualitas bibit ikan lele Buruk

Untuk mendapatkan benih lele yang baik sebaiknya membeli bibit dari tempat produksi bibit yang menggunakan indukan berkualitas, serta menggunakan cara pemijahan yang baik sekaligus sistem perawatan bibit yang baik, kita bisa berkunjung ke tempat produksi bibit dan tanyakan kepada mereka hal – hal yang ingin kita ketahui sebelum kita melakukan pembelian bibit sekalian menjalin hubungan kerja sama yang saling menguntungkan antara kedua pihak.

2.       Penyakit yang dapat menyerang ikan lele
Berbagai penyakit sering menyerang lele baik lele bibit maupun lele konsumsi, sering membuat pembudidaya lele mengalami kerugian karena banyaknya ikan yang mati dalam waktu singkat. Untuk mengobati penyakit, akan lebih baik jika dilakukan pencegahan jauh sebelum penyakit itu menyerang ikan. Upaya pencegahan dapat dilakukan dengan cara memberi vitamin, penggunaan probiotik untuk meningkatkan mutu air, dan memberikan pakan yang berkualitas tinggi.

3.       Sifat ikan lele yang kanibal
Lele merupakan hewan kanibal yaitu memangsa sesama lele terutama yang berukuran lebih kecil dan lemah akibat serangan penyakit. Kita dapat mengurangi sifat kanibal lele dengan cara menebar bibit yang berukuran seragam. Misalnya tebar bibit 7-8 cm untuk satu kolam dan jangan mencampurnya dengan bibit yang berukuran lebih besar atau lebih kecil seperti ukuran5 cm dengan tujuan agar bibit yang kecil tidak dimakan oleh lele yang berukuran besar terutama pada saat lapar. Selain penebaran bibit yang ukurannya seragam, pemberian makan secara teratur dan cukup dapat mengurangi sifat kanibal lele dan lakuan penyortiran jika terlihat banyak lele yang berukuran lebih besar dari pada lainnya.

4.       Pakan Lele yang cenderung tinggi dan terus-menerus naik
Peternak lele dapat menggunakan bahan-bahan lokal yang bisa digunakan untuk pakan alternative seperti bekicot, kerang, jeroan ayam/ayam tiren, roti BS dll.

5.       Pedagang pengumpul hasil panen sering memainkan harga
Memilih agen atau pengumpul lele yang bisa di percaya dan meningkatkan pengetahuan kita tentang harga lele di pasaran sehingga meminimkan kecurangan dalam jual beli lele dan terjalin kerja sama yang baik dengan agen pengumpul.


Share:

0 comments:

BTemplates.com

About

BTemplates.com

Total Pageviews

Terimakasih atas kunjungannya, dan pastinya semoga bermanfaat!. Powered by Blogger.