Seseorang yang dimuliakan adalah ia yang bermanfaat bagi sesamanya, Semoga Blog ini bermanfaat untuk anda :)

Sunday 4 May 2014

Soal Jawab Lingkungan



1.       Mengapa terjadi illegal logging, illegal mining, illegal fishing?
Tindak kriminalitas baik berupa illegal logging, illegal mining, maupun illegal fishing, dapat dipicu oleh Kesulitan hidup dan kurangnya moralitas masyarakat, masih rendahnya tingkat kepercayaan masyarakat kepada aparat penegak hukum menyebabkan kepatuhan masyarakat terhadap hukum masih rendah, Lemahnya sistem pengawasan dan pengamanan pengelolaan sumber daya alam, lemahnya sistem perundang-undangan yang ada di Indonesia telah mengundang pihak-pihak tertentu termasuk pihak asing untuk memanfaatkannya secara ilegal.
2.       Apakah yang dimaksud dengan keseimbangan lingkungan?
Keseimbangan lingkungan merupakan kemampuan lingkungan untuk mengatasi tekanan dari alam maupun dari aktivitas manusia, serta kemampuan lingkungan dalam menjaga kestabilan kehidupan didalamnya.
3.       Sebutkan 3 contoh biaya lingkungan atau biaya social?
Biaya pemeliharaan dan penggantian dampak akibat limbah dan gas buangan (waste and emission treatment), yaitu biaya yang dikeluarkan untuk memelihara, memperbaiki, mengganti kerusakan lingkungan yang diakibatkan oleh limbah perusahaan.
Biaya pencegahan dan pengelolaan lingkungan (prevention and environmental management) adalah biaya yang dikeluarkan untuk mencegah dan mengelola limbah untuk menghindari kerusakan lingkungan.
Biaya pembelian bahan untuk bukan hasil produksi (material purchase value of non-product) merupakan biaya yang dikeluarkan untuk membeli bahan yang bukan hasil produksi dalam rangka pencegahan dan pengurangan dampak limbah dari bahan baku produksi.
4.       Setujukah anda dengan penggusuran dengan alasan untuk tata kota?

Saya kira tak ada yang salah dari konsep penghijauan kota atau penataan kota, Semua itu secara konseptual bagus, Semua warga pasti mendambakan kotanya menjadi bersih dan lebih tertata rapi. Yang tak bagus dan karenanya harus ditolak hanyalah rencana penggusurannya itu, lebih baik menata ulang secara serius pemukiman warga yang telah ada, banyak cara jika kita mau bersabar dan berpikir keras sehingga penggusuran adalah solusi terakhir, itupun dengan ketentuan apabila pemerintah dapat memberikan kompensasi yang layak sehingga terkesan dapat memanusiakan warga negaranya.

5.       Jurnal untuk AMDAL dan audit lingkungan?

AMDAL adalah kajian mengenai dampak besar dan penting untuk pengambilan keputusan suatu usaha dan/atau kegiatan yang direncanakan pada lingkungan hidup yang diperlukan bagi proses pengambilan keputusan tentang penyelenggaraan usaha atau kegiatan.
Share:

0 comments:

BTemplates.com

About

BTemplates.com

Total Pageviews

Terimakasih atas kunjungannya, dan pastinya semoga bermanfaat!. Powered by Blogger.