Seseorang yang dimuliakan adalah ia yang bermanfaat bagi sesamanya, Semoga Blog ini bermanfaat untuk anda :)

Monday 17 March 2014

Aspek Pemasaran Kewirausahaan



ASPEK PEMASARAN
A.      Product (Produk)
Produk adalah sesuatu yang bisa ditawarkan di pasar untuk mendapatkan perhatian, untuk dibeli, digunakan atau dikonsumsi sehingga dapat memenuhi keinginan dan kebutuhan. Produk yang saya pasarkan adalah produk yang berupa voucher yaitu isi ulang pulsa semua operator baik yang GSM maupun yang CDMA , misalnya : indosat, simpati, xl, 3, axis, flexi, smartfreen  dan lain sebagainya.
B.      Price (Harga)
Price atau harga adalah jumlah nilai uang yang dibuutuhkan untuk mendapatkan sejumlah kombinasi dari barang atau jasa beserta pelayanannya. Dalam usaha yang saya jalankan, saya menggunakan teehnik follow the leader pricing yaitu teknik penentuan harga dengan cara mengamati berbagai kebijakan harga pesaing dan harga individual dengan meninjau periklanannya. Alasan saya mengapa memilih tehnik ini karena menurut saya tehnik ini yang paling efektif untuk dijalankan.
C.      Place (Tempat)
Lokasi yang saya pilih untuk memasarkan produk saya adalah di kelas, di sekolah, dan di sekitar rumah saya. Lokasi tersebut saya pilih karena lokasi tersebut merupakan tempat yang strategis untuk menjual produk saya.
D.      Promotion (Promosi)
Sebelum product dapat dibeli oleh banyak konsumen maka product perlu diketahui secara luas terlebih dahulu dan caranya adalah promotion. Jenis dari promotion ada empat(4) yaiitu periklanan, sales promotion, personal selling, public relation. Dalam usaha yang saya jalankan saya menggunakan strategi personalselling atau penjualan pribadi. Personal selling yaitu kegiatan menawarkan barang/jasa langsung kepada calon pembeli. Saya berusaha menemui calon pembeli dan berhadapan muka dengannya. Dasar pemikiran metode ini adalah bahwa inti dari kegiatan promosi yaitu komunikasi, sedangkan komunikasi yang terbaik adalah komunikasi langsung. Oleh karena itu, saya tidak akan henti-hentinya mencari dan mengejar calon pelanggan baik di kelas, di sekolah ,aupun di sekitar tempat tinggal saya.
Saya mendatamgi Counter Madona Cell untuk deposit pulsa dengan kesepakatan pembayaran langsung. Setelah mendapatkan deposit, saya menawarkan pulsa kepada teman-teman di kelas, di sekolah dan di sekitar tempat tinggal saya.
Ketika ada yang membeli pulsa, saya harus menulis format SMS yang berisi nominal pulsa dan nomor costumer, lalu mengirimkannya  ke nomor counter. Counter akan memproses, kemudian akan mengisikan pulsa ke costumer sesuai nominal yang tertulis di SMS tadi.
Setelah itu counter akan mengirimkan SMS pemberitahuan kepada costumer bahwa pulsa telah terisi, saya juga akan mendapat SMS dari counter yang berisi pemberitahuan status pengiriman pulsa, harga pulsa dan saldo setelah saya mengirim pulsa terakhir.


Share:

0 comments:

BTemplates.com

About

BTemplates.com

Total Pageviews

Blog Archive

Terimakasih atas kunjungannya, dan pastinya semoga bermanfaat!. Powered by Blogger.

Blog Archive