LAPORAN USAHA
“PISANG
KARAMEL PRAMRIA”
Nama : Pramardatina Oktriarpono ( 28 )
:
Ria Bramasto ( 30 )
Kelas : XII TPM A
SMK NEGERI 2 SURAKARTA
Jl. LU Adi Sucipto No.33 Surakarta
Tahun Pelajaran 2013/2014
ASPEK
PEMASARAN
A. PRODUCT
(PRODUK)
Produk
adalah sesuatu yang bisa ditawarkan di pasar untuk mendapatkan perhatian, untuk
dibeli, digunakan atau dikonsumsi sehingga dapat memenuhi keinginan dan kebutuhan.
Produk yang kami pasarkan saat
ini kami mencoba menawarkan Pisang Karamel di lingkungan SMK Negeri 2 Surakarta
B. PRICE
(HARGA)
Price
atau harga adalah jumlah nilai uang yang dibuutuhkan untuk mendapatkan sejumlah
kombinasi dari barang atau jasa beserta pelayanannya. Dalam usaha yang kami
jalankan, kamimenggunakan teknik follow the leader pricing yaitu teknik penentuan
harga dengan cara mengamati berbagai kebijakan harga pesaing dan harga
individual dengan meninjau periklanannya.
Alasan kami mengapa memilih teknik ini karena menurut saya teknik ini yang
paling efektif untuk dijalankan.
C. PLACE
(TEMPAT)
Lokasi
yang kami pilih untuk memasarkan produk kami adalah di kelas, di sekolah, dan
di sekitar rumah kami.Lokasi tersebut kami pilih karena lokasi tersebut merupakan
tempat yang strategis untuk menjual produk kami. Kami memasarkan produk kami
dengan distrbusi langsung ke konsumen atau dengan cara bertemu untuk melakukan transaksi
(artinya adanya komunikasi)
D. PROMOTION
(PROMOSI)
Sebelum
product dapat dibeli oleh banyak konsumen maka product perlu diketahui secara luas
terlebih dahulu dan caranya adalah promotion. Jenis dari promotion adaempat (4)
yaitu periklanan, sales promotion, personal selling, public relation. Dalamusaha
yang kamijalankan, kami menggunakan strategi personal selling atau penjualan pribadi.
Personal selling yaitu kegiatan menawarkan barang / jasa langsung kepada calon pembeli.
Saya berusaha menemui calon pembeli dan berhadapan muka dengannya. Dasar pemikiran
metode ini adalah bahwa inti dari kegiatan promosi yaitu komunikasi, sedangkan komunikasi
yang terbaik adalah komunikasi langsung.
Oleh karena itu, kami tidak akan henti-hentinya mencari dan mengejar calon pelanggan
baik di kelas, di sekolah ,maupun di sekitar tempat tinggal kami.
Proses pemasaran
yang kami lakukan yaitu dengan cara promosi langsung kepada customer, saat
pisang coklat karamelnya telah di buat. Kami mencari pembeli dengan langsung
menghampiri orang-orang yang sedang istirahat dan orang-orang yang sedang duduk
di luar dan di dalam ruangan. Kami juga menawarkan kepada guru kelas kami saat
mata pelajaran yang di ajarkan telah selesai, tidak sampai disitu saja kami pun
mencoba ke kantin sekolah pada jam istirahat dan kegedung L-Bass.
Setelah menawarkan
produk kami akhirnya banyak terjadinya transaksi atau pembelian. Bahkan sebelum
melakukan sosialisasi produk ada beberapa customer yang langsung membeli.
Kebanyakan dari pembeli kami adalah siswa/i yang sedang santai menunggu bel masuk
istirahat berbunyi dan sehubungan itu mereka dalam keadaan lapar, sehingga
penjualan pisang coklat karamel berjalan dengan lancar dan banyak yang membeli.
E. PRODUK
YANG TERJUAL
Penjualan pisang
caramel awalnya kami mempunyai stok penjualan sebanyak 80 buah pisang caramel
dan dikelas yang terjual adalah 18 buah pisang coklat dan kami bernegosiasi dengan
harga yang di setujui dengan harga yaitu 3 @ Rp 2.500 dan untuk perbuahnya 1 @
Rp. 1.000. Kami memberikan bonus 1 buah pisang coklat sebagai taktik dalam
pemasaran agar konsumen dapat untuk mencoba rasa Pisang Coklat Karamel kami.
Teman kami pun ada yang tertarik lagi 4 menjemput 12 pisang coklat dengan bonus
1 buah pisang coklat jadi kami mendapatkan 30 buah penjualan pisang coklat.
Kemudian kami
berkeliling keluar kelas sehingga kami dapat
membuat 43 buah pisang coklat caramel terjual lagi yang kami pasarkan di sekitar
lingkungan SMK Negeri 2 Surakarta. Dan tentunya 1 bonus pisang juga sebagai
daya tarik.
Total pisang coklat
yang laku terjual dalam sehari bersama pembuatannya yaitu 75 buah pisang coklat
dengan 2 bentuk pembelian di dalam kelas sebanyak 32 buah pisang coklat dan 43
buah pisang coklat di pasarkan di area sekolah.
F.
HARGA JUAL
No.
|
Rincian
|
Harga Beli / Unit
|
Harga Jual / Unit
|
Laba / Unit
|
1.
|
Pisang Karamel
|
40.000,00 / 80
|
3 @ 2.500,00
|
1.000,00
|
|
|
500,00 / 1
|
1 @ 1.000,00
|
500,00
|
Untuk pemasaran
penjualan dengan jumlah 32 buah dengan 2 bonus di dalamnya menjadi 30 yang di
hitung di jual.
30 : 3
|
10
|
10 x Rp. 2.500
|
Rp. 25.000
|
Untuk penjualan di
lingkungan sekolah dengan jumlah 43 buah pisang coklat dan yang terhitung di
jual 42 pisang coklat menjadi :
Rincian
|
42 : 3
|
14
|
14 x Rp. 2.500
|
Rp. 35.000
|
|
Total hasil penjualanan
|
Rp. 25.000 + Rp. 35.000
|
Rp. 60.000
|
LAPORAN
KEUANGAN
A.
SUMBER
MODAL
Modal sendiri : Rp. 40,000.00
B.
PROYEKSI
SUMBER MODAL
No.
|
Bahan yang diperlukan
|
Ukuran
|
Harga
|
1
|
Minyak Goreng
|
½ kg
|
7.000
|
2
|
Kulit Lumpiah
|
14.000
|
|
3
|
Pisang Jantan
|
1 Sisir
|
15.000
|
4
|
Mesis Coklat
|
¼ kg
|
4.000
|
Jumlah Modal Awal
|
40.000
|
C.
LAPORAN
RUGI LABA
No.
|
Rincian
|
Jumlah
|
Harga
Jual/Unit
|
Harga
Jual/Unit
|
Total
Penjualan
|
Total
HPP
|
Laba
/ Rugi
|
1.
|
Penjualan
1
|
30
|
Rp.
1.500/3
|
Rp.
2.500/3
|
Rp.
25.000
|
Rp.
15.000
|
Rp.
10.000
|
2.
|
Penjualan
2
|
42
|
Rp.
1.500/3
|
Rp.
2.500/3
|
Rp.
35.000
|
Rp.
21.000
|
Rp.
14.000
|
|
Jumlah
|
72
|
|
Rp.
60.000
|
Rp.
36.000
|
Rp.
24.000
|
No.
|
Beban
Usaha
|
Jumlah
|
Harga
Jual/Unit
|
Harga
Jual/Unit
|
Total
Penjualan
|
Total
HPP
|
Laba
/ Rugi
|
1.
|
Belum
Terjual
|
5
|
Rp.
500
|
Rp.
1.000
|
Rp.
0
|
Rp.
2.500
|
Rp.
2.500
|
2.
|
Bonus
|
3
|
Rp.
500
|
Rp.
1.000
|
Rp.
0
|
Rp.
1.500
|
Rp.
1.500
|
|
Jumlah
|
8
|
|
Rp.
0
|
Rp.
4.000
|
Rp.
4.000
|
|
|
Laba
Bersih
|
|
Rp.
20.000
|
D.
CASHFLOW
Uraian
|
|
|
Hari
|
|
|
Jumlah
|
|
Hari 1
|
Hari 2
|
Hari 3
|
Hari 4
|
Hari 5
|
Hari 6
|
||
Saaldo Awal
|
|
0.000
|
20.000
|
40.000
|
60.000
|
80.000
|
|
Modal
|
40.000
|
|
|
|
|
|
40.000
|
Penerimaan
|
|
|
|
|
|
|
|
Penjualan Produk
|
|
60.000
|
60.000
|
60.000
|
60.000
|
60.000
|
300.000
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah Penerimaan
|
40.000
|
60.000
|
80.000
|
100.000
|
120.000
|
140.000
|
540.000
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Pengeluaran
|
|
|
|
|
|
|
|
Beli Barang
|
40.000
|
40.000
|
40.000
|
40.000
|
40.000
|
40.000
|
240.000
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah Pengeluaran
|
40.000
|
40.000
|
40.000
|
40.000
|
40.000
|
40.000
|
240.000
|
Saldo Akhir
|
0.000
|
20.000
|
40.000
|
60.000
|
80.000
|
100.000
|
300.000
|
E. NERACA AKHIR
Aktifa
|
|
Pasiva
|
|
Aktiva Lancar
|
|
Modal
|
|
Kas
|
Rp. 100.000
|
|
|
Stok dan Bonus
|
Rp. 40.000
|
|
|
|
|
|
|
Aktiva
Tetap
|
|
Modal
Sendiri
|
|
-
|
|
Penyertaan
|
Rp. 40.000
|
|
|
Laba
Usaha
|
Rp. 100.000
|
|
|
|
|
Jumlah
|
Rp. 140.000
|
Jumlah
|
Rp. 140.000
|
0 comments:
Post a Comment