Seseorang yang dimuliakan adalah ia yang bermanfaat bagi sesamanya, Semoga Blog ini bermanfaat untuk anda :)

Sunday, 16 March 2014

Contoh Laporan Kegiatan Usaha Kewirausahaan SMK pisang karamel

LAPORAN USAHA
PISANG KARAMEL PRAMRIA”







Nama              Pramardatina Oktriarpono ( 28 )
                        :  Ria Bramasto ( 30 )                  
Kelas               :  XII TPM A




SMK NEGERI 2 SURAKARTA
Jl. LU Adi Sucipto No.33 Surakarta
Tahun Pelajaran 2013/2014
ASPEK PEMASARAN

A.     PRODUCT (PRODUK)
Produk adalah sesuatu yang bisa ditawarkan di pasar untuk mendapatkan perhatian, untuk dibeli, digunakan atau dikonsumsi sehingga dapat memenuhi keinginan dan kebutuhan. Produk yang kami pasarkan saat ini kami mencoba menawarkan Pisang Karamel di lingkungan SMK Negeri 2 Surakarta

B.     PRICE (HARGA)
Price atau harga adalah jumlah nilai uang yang dibuutuhkan untuk mendapatkan sejumlah kombinasi dari barang atau jasa beserta pelayanannya. Dalam usaha yang kami jalankan, kamimenggunakan teknik follow the leader pricing yaitu teknik penentuan harga dengan cara mengamati berbagai kebijakan harga pesaing dan harga individual dengan meninjau periklanannya. Alasan kami mengapa memilih teknik ini karena menurut saya teknik ini yang paling efektif untuk dijalankan.

C.     PLACE (TEMPAT)
Lokasi yang kami pilih untuk memasarkan produk kami adalah di kelas, di sekolah, dan di sekitar rumah kami.Lokasi tersebut kami pilih karena lokasi tersebut merupakan tempat yang strategis untuk menjual produk kami. Kami memasarkan produk kami dengan distrbusi langsung ke konsumen atau dengan cara bertemu untuk melakukan transaksi (artinya adanya komunikasi)

D.     PROMOTION (PROMOSI)
Sebelum product dapat dibeli oleh banyak konsumen maka product perlu diketahui secara luas terlebih dahulu dan caranya adalah promotion. Jenis dari promotion adaempat (4) yaitu periklanan, sales promotion, personal selling, public relation. Dalamusaha yang kamijalankan, kami menggunakan strategi personal selling atau penjualan pribadi. Personal selling yaitu kegiatan menawarkan barang / jasa langsung kepada calon pembeli. Saya berusaha menemui calon pembeli dan berhadapan muka dengannya. Dasar pemikiran metode ini adalah bahwa inti dari kegiatan promosi yaitu komunikasi, sedangkan komunikasi yang terbaik adalah komunikasi langsung. Oleh karena itu, kami tidak akan henti-hentinya mencari dan mengejar calon pelanggan baik di kelas, di sekolah ,maupun di sekitar tempat tinggal kami.
Proses pemasaran yang kami lakukan yaitu dengan cara promosi langsung kepada customer, saat pisang coklat karamelnya telah di buat. Kami mencari pembeli dengan langsung menghampiri orang-orang yang sedang istirahat dan orang-orang yang sedang duduk di luar dan di dalam ruangan. Kami juga menawarkan kepada guru kelas kami saat mata pelajaran yang di ajarkan telah selesai, tidak sampai disitu saja kami pun mencoba ke kantin sekolah pada jam istirahat dan kegedung  L-Bass.
Setelah menawarkan produk kami akhirnya banyak terjadinya transaksi atau pembelian. Bahkan sebelum melakukan sosialisasi produk ada beberapa customer yang langsung membeli. Kebanyakan  dari pembeli kami adalah siswa/i  yang sedang santai menunggu bel masuk istirahat berbunyi dan sehubungan itu mereka dalam keadaan lapar, sehingga penjualan pisang coklat karamel berjalan dengan lancar dan banyak yang membeli.


E.     PRODUK YANG TERJUAL
Penjualan pisang caramel awalnya kami mempunyai stok penjualan sebanyak 80 buah pisang caramel dan dikelas yang terjual adalah 18 buah pisang coklat dan kami bernegosiasi dengan harga yang di setujui dengan harga yaitu 3 @ Rp 2.500 dan untuk perbuahnya 1 @ Rp. 1.000. Kami memberikan bonus 1 buah pisang coklat sebagai taktik dalam pemasaran agar konsumen dapat untuk mencoba rasa Pisang Coklat Karamel kami. Teman kami pun ada yang tertarik lagi 4 menjemput 12 pisang coklat dengan bonus 1 buah pisang coklat jadi kami mendapatkan 30 buah penjualan pisang coklat.
Kemudian kami berkeliling keluar kelas sehingga  kami dapat membuat 43 buah pisang coklat caramel terjual lagi yang kami pasarkan di sekitar lingkungan SMK Negeri 2 Surakarta. Dan tentunya 1 bonus pisang juga sebagai daya tarik.
Total pisang coklat yang laku terjual dalam sehari bersama pembuatannya yaitu 75 buah pisang coklat dengan 2 bentuk pembelian di dalam kelas sebanyak 32 buah pisang coklat dan 43 buah pisang coklat di pasarkan di area sekolah.
F.      HARGA JUAL

No.
Rincian
Harga Beli / Unit
Harga Jual / Unit
Laba / Unit
1.
Pisang Karamel
40.000,00 / 80
3 @ 2.500,00
1.000,00


500,00 / 1
1 @ 1.000,00
500,00

Untuk pemasaran penjualan dengan jumlah 32 buah dengan 2 bonus di dalamnya menjadi 30 yang di hitung di jual.

30 : 3
10
10 x Rp. 2.500
Rp. 25.000

Untuk penjualan di lingkungan sekolah dengan jumlah 43 buah pisang coklat dan yang terhitung di jual 42 pisang coklat menjadi :

Rincian
42 : 3
14

14 x Rp. 2.500
Rp. 35.000
Total hasil penjualanan
Rp. 25.000 + Rp. 35.000
Rp. 60.000
















LAPORAN KEUANGAN
A.      SUMBER MODAL
Modal sendiri              : Rp. 40,000.00

B.      PROYEKSI SUMBER MODAL

No.
Bahan yang diperlukan
Ukuran
Harga
1
Minyak Goreng
½ kg
7.000
2
Kulit Lumpiah

14.000
3
Pisang Jantan
1 Sisir
15.000
4
Mesis Coklat
¼ kg
4.000

Jumlah Modal Awal

40.000

C.      LAPORAN RUGI LABA
No.
Rincian
Jumlah
Harga Jual/Unit
Harga Jual/Unit
Total Penjualan
Total HPP
Laba / Rugi
1.
Penjualan 1
30
Rp. 1.500/3
Rp. 2.500/3
Rp. 25.000
Rp. 15.000
Rp. 10.000
2.
Penjualan 2
42
Rp. 1.500/3
Rp. 2.500/3
Rp. 35.000
Rp. 21.000
Rp. 14.000

Jumlah
72

Rp. 60.000
Rp. 36.000
Rp. 24.000

No.
Beban Usaha
Jumlah
Harga Jual/Unit
Harga Jual/Unit
Total Penjualan
Total HPP
Laba / Rugi
1.
Belum Terjual
5
Rp. 500
Rp. 1.000
Rp. 0
Rp. 2.500
Rp. 2.500
2.
Bonus
3
Rp. 500
Rp. 1.000
Rp. 0
Rp. 1.500
Rp. 1.500

Jumlah
8

Rp. 0
Rp. 4.000
Rp. 4.000

Laba Bersih

Rp. 20.000





D.      CASHFLOW
Uraian


Hari


Jumlah
Hari 1
Hari 2
Hari 3
Hari 4
Hari 5
Hari 6
Saaldo Awal

0.000
20.000
40.000
60.000
80.000

Modal
40.000





40.000
Penerimaan







Penjualan Produk

60.000
60.000
60.000
60.000
60.000
300.000








Jumlah Penerimaan
40.000
60.000
80.000
100.000
120.000
140.000
540.000








Pengeluaran







Beli Barang
40.000
40.000
40.000
40.000
40.000
40.000
240.000








Jumlah Pengeluaran
40.000
40.000
40.000
40.000
40.000
40.000
240.000
Saldo Akhir
0.000
20.000
40.000
60.000
80.000
100.000
300.000

           

E.      NERACA AKHIR
Aktifa

Pasiva

Aktiva Lancar

Modal

Kas
Rp. 100.000


Stok dan Bonus
Rp.   40.000






Aktiva Tetap

Modal Sendiri

-

Penyertaan
Rp.   40.000


Laba Usaha
Rp. 100.000




Jumlah
Rp. 140.000
Jumlah
Rp. 140.000

Share:

0 comments:

BTemplates.com

About

BTemplates.com

Total Pageviews

Blog Archive

Terimakasih atas kunjungannya, dan pastinya semoga bermanfaat!. Powered by Blogger.

Blog Archive