Seseorang yang dimuliakan adalah ia yang bermanfaat bagi sesamanya, Semoga Blog ini bermanfaat untuk anda :)

Monday 17 March 2014

Karya Tulis Informasi tentang Pasar Beringharjo Yogyakarta

PasarBeringharjoadalahpasarutama di Yogyakarta, berlokasi di jalanMalioboro, tempatpusatkota. Pasariniterkenaldenganproduk batik denganberbagaimacamvariannyasepertibaju, daster, kemeja, piyamahinggapernakperniknya. Di pasariniandajugabisamenemukanhampirsemuaproduklokal Yogyakarta layaknyasebuahpasarinduk, darimulaidaging, sayuran, buahbuahan, peralatanmasakhinggakebutuhanseharihari. Lokasipasarinijugadekatdengan museum bentengVredeburgsertaGedungAgung (istanakepresidenanketikajamankemerdekaan). Pasariniterkenalsebagaipusattujuanturisbaikmancanegaramaupunturislokaldanmenjadipusataktivitasperdagangan.
PasarBeringharjomenjadisebuahbagiandariMalioboro yang sayanguntukdilewatkan. Bagaimanatidak, pasarinitelahmenjadipusatkegiatanekonomiselamaratusantahundankeberadaannyamempunyaimaknafilosofis. Pasar yang telahberkali-kali dipugarinimelambangkansatutahapankehidupanmanusia yang masihberkutatdenganpemenuhankebutuhanekonominya. Selainitu, Beringharjojugamerupakansalahsatupilar 'Catur Tunggal' (terdiridariKraton, Alun-Alun Utara, Kraton, danPasarBeringharjo) yang melambangkanfungsiekonomi.

Wilayah PasarBeringharjomulanyamerupakanhutanberingin. Tak lama setelahberdirinyaKratonNgayogyakartaHadiningrat, tepatnyatahun 1758, wilayahpasarinidijadikantempattransaksiekonomiolehwarga Yogyakarta dansekitarnya. Ratusantahunkemudian, padatahun 1925, barulahtempattransaksiekonomiinimemilikisebuahbangunanpermanen. Nama 'Beringharjo' sendiridiberikanolehHamengkuBuwono IX, artinyawilayah yang semulapohonberingin (bering) diharapkandapatmemberikankesejahteraan (harjo). Kini, para wisatawanmemaknaipasarinisebagaitempatbelanja yang menyenangkan.

Bagiandepandanbelakangbangunanpasarsebelahbaratmerupakantempat yang tepatuntukmemanjakanlidahdenganjajananpasar. Di sebelahutarabagiandepan, dapatdijumpaibrembulatdenganteksturlebihlembutdaribremMadiundankrasikan (semacamdodoldaritepungberas, gulajawa, danhancuranwijen). Di sebelahselatan, dapatditemuibakpiaisikacanghijau yang biasadijualmasihhangatdankuebasahseperti hung kwedannagasari. Sementarabagianbelakangumumnyamenjualpanganan yang tahan lama seperti ting-ting yang terbuatdarikaramel yang dicampurkacang.

Bilahendakmembeli batik, Beringharjoadalahtempatterbaikkarenakoleksibatiknyalengkap. Mulai batik kainmaupunsudahjadipakaian, bahankatunhingga sutra, danhargapuluhanribusampaihampirsejutatersedia di pasarini. Koleksi batik kaindijumpai di los pasarbagianbaratsebelahutara. Sementarakoleksipakaian batik dijumpaihampir di seluruhpasarbagianbarat. Selainpakaian batik, los pasarbagianbaratjugamenawarkanbajusurjan, blangkon, dansarungtenunmaupun batik. Sandal dantas yang dijualdenganharga miring dapatdijumpai di sekitareskalatorpasarbagianbarat.

Berjalankelantaiduapasarbagiantimur, janganheranbilamencium aroma jejamuan. TempatitumerupakanpusatpenjualanbahandasarjamuJawadanrempah-rempah. Bahanjamu yang dijualmisalnyakunyit yang biasadipakaiuntukmembuatkunyitasamdantemulawak yang dipakaiuntukmembuatjamuterkenalsangatpahit. Rempah-rempah yang ditawarkanadalahjahe (biasadiolahmenjadiminumanrondeataupunhanyadibakar, direbusdandicampurgulabatu) dankayu (dipakaiuntukmemperkayacitarasaminumansepertiwedangjahe, kopi, tehdankadangdigunakansebagaipenggantibubukcoklatpadacappucino).

Pasarinijugatempat yang tepatuntukberburubarangantik. Sentra penjualanbarangantikterdapat di lantai 3 pasarbagiantimur. Di tempatitu, andabisamendapatimesinketiktua, helm buatantahun 60-an yang bagiandepannyamemilikimikasebatashidungdansebagainya. Di lantaiitu pula, andadapatmemburubarangbekasberkualitasbilamau. Berbagaimacambarangbekasimporsepertisepatu, tas, bahkanpakaiandijualdenganharga yang jauhlebihmurahdaripadahargaaslinyadengankualitas yang masihbaik. Tentubutuhkejeliandalammemilih.

Puasberkeliling di bagiandalampasar, tibasaatnyauntukmenjelajahidaerahsekitarpasardengantawarannya yang takkalahmenarik. KawasanLorPasar yang dahuludikenaldenganKampungPecinanadalahwilayah yang paling terkenal. Andabisamencarikaset-kaset oldies darimusisitahun 50-an yang jarangditemui di tempat lain denganharga paling mahalRp 50.000,00. Selainitu, terdapatjugakerajinanlogamberupapatungBudhadalamberbagaiposisisehargaRp 250.000,00. Bagipengoleksiuang lama, tempatinijugamenjualuang lama dariberbagainegara, bahkan yang digunakantahun 30-an.

Jikahaus, meminumescendolkhas Yogyakarta adalahadalahpilihanjitu. Escendol Yogyakarta memilikicitarasa yang lebih kaya dariescendolBanjarnegaradan Bandung. Isinyatidakhanyacendol, tetapijuga cam cau (semacam agar-agar yang terbuatdaridaun cam cau) dancendolputih yang terbuatdaritepungberas. Minuman lain yang tersediaadalaheskelapamudadengansirupgulajawadanjamusepertikunyitasamdanberaskencur. Hargaminuman pun takmahal, hanyasekitarRp. 1000 sampaiRp. 2000.

Meskipasarresmitutuppukul 17.00 WIB, tetapidinamikapedagangtidakberhentipada jam itu. Bagiandepanpasarmasihmenawarkanberbagaimacampanganankhas. Martabakdenganberbagaiisinya, terangbulan yang legit bercampurcoklatdankacang, sertakleponisigulajawa yang lezatbisadibelisetiapsorenya. Sekitarpukul 18.00 WIB hinggalewattengahmalam, biasanyaterdapatpenjualgudeg di depanpasar yang jugamenawarkankikildanvarianoseng-oseng. Sambilmakan, andabisamendengarkanmusiktradisionalJawa yang diputarataubercakapdenganpenjual yang biasanyamenyapadenganakrab. Lengkapsudah.

Share:

0 comments:

BTemplates.com

About

BTemplates.com

Total Pageviews

Blog Archive

Terimakasih atas kunjungannya, dan pastinya semoga bermanfaat!. Powered by Blogger.

Blog Archive