BAB I
PENDAHULUAN
- Latar Belakang
Kunjungan Industri ( KI ) adalah merupakan salah satu
jenis kegiatan pembelajaran diluar lingkungan sekolah untuk menambah wawasan
siswa dan serta untuk melihat langsung bagaimana suasana/kondisi industri yang
sesuai dengan program keahlian masing-masing.
Pada tahun pelajaran 2013/2014 ini SMK N 2 SURAKARTA
telah selesai melaksanakan kegiatan kunjungan industri ( KI ) untuk menambah
wawasan/pengetahuan serta pengalaman bagi siswa untuk Program Keahlian Teknik
Pemesinan ( TPM ).
- Tujuan KI
Kegiatan
Kunjungan Industri ( KI ) ini bertujuan untuk :
1.
Menambah wawasan tentang bidang Program Keahlian Teknik
Pemesinan.
2.
Membandingkan pengetahuan di sekolah dengan yang ada di
dunia industri.
3.
Melihat secara langsung kondisi lapangan dunia
industri.
4.
Menambah semangat siswa untuk lebih giat dalam
mendalami kompetensi keahlian Teknik Pemesinan.
5.
Mengembangkan ide kreatif siswa untuk berkarya sesuai
dengan bidangnya.
C. Waktu Pelaksanaan KI
Kegiatan
Kunjungan Industri ( KI ) telah dilaksanakan pada :
Hari :
Senin-Kamis
Tanggal : 26 Agustus – 29 Agustus 2013
Waktu
: 13.00 WIB –
Selesai
D. Lokasi KI
Kami melakukan
kunjungan industri ( KI ) di tempat yang telah ditentukan sebagai berikut :
1.
PT. Kayaba Indonesia
2.
PT. Pakoakuina
3.
Objek wisata Tangkuban Prahu
4.
Cibaduyut
BAB II
KUNJUNGAN
A.
PT. KAYABA INDONESIA
Gb. Logo PT. KAYABA INDONESIA
a.
Company Information
Nama Perusahaan : PT. KAYABA INDONESIA
Alamat
Perusahaan : Jln. Jawa blok II no. 4
Kawasan Industri MM2100
Cikarang Barat, Bekasi 17520
Telepon : (62-21) 8981456,
8980114
Faximile : (62-21) 8980713, 89983169
Tahun Berdiri : 1976
Company Status : Joint Venture (
Foreign Investment )
Pemegang Saham : PT. ASTRA OTOPARTS Tbk
KAYABA CORPORATION
TOYOTA TSUSHO CORPORATION
PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing
Hasil Produksi : Shock Absorber
Front Fork
Oil Cushion Unit
Damper ( Stay Damper, Chair Damper, Steering
Damper, Engine Hood )
Customer : PT Astra Daihatsu Motor (DAIHATSU)
PT Astra Nissan Diesel Indonesia (NISSAN DIESEL)
PT Daimler Chrysler Indonesia (MERCEDES BENZ)
PT General Motor Indonesia (CHEVROLET)
PT Hino Indonesia Mfg. (HINO)
PT Hyundai Indonesia Motor (HYUNDAI)
PT Indomobil Suzuki International (SUZUKI)
PT Kia Mobil Indonesia (KIA)
PT Krama Yudha Tiga Berlian Motor (MITSUBSHI)
PT Nissan Motor Indonesia (NISSAN)
PT Pantja Motor (ISUZU)
PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TOYOTA)
UD Trucks Co., Ltd.
PT Astra Nissan Diesel Indonesia (NISSAN DIESEL)
PT Daimler Chrysler Indonesia (MERCEDES BENZ)
PT General Motor Indonesia (CHEVROLET)
PT Hino Indonesia Mfg. (HINO)
PT Hyundai Indonesia Motor (HYUNDAI)
PT Indomobil Suzuki International (SUZUKI)
PT Kia Mobil Indonesia (KIA)
PT Krama Yudha Tiga Berlian Motor (MITSUBSHI)
PT Nissan Motor Indonesia (NISSAN)
PT Pantja Motor (ISUZU)
PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TOYOTA)
UD Trucks Co., Ltd.
PT Yamaha Indonesia Motor Mfg. (YAMAHA)
PT Indomobil Suzuki International (SUZUKI)
PT Kawasaki Motor Indonesia (KAWASAKI)
PT Sanmotor Indonesia (VESPA)
PT Kanzen Motor Indonesia (KANZEN)
PT Indomobil Suzuki International (SUZUKI)
PT Kawasaki Motor Indonesia (KAWASAKI)
PT Sanmotor Indonesia (VESPA)
PT Kanzen Motor Indonesia (KANZEN)
PT Astra
Otoparts Tbk-Domestic Division
Daytona Int.
Trading Corp. (Daytona)
PT Kaereta Api Indonesia
Kayaba Industry Co., Ltd. (Suzuki Japan)
Kayaba Thailand Co., Ltd. (Suzuki Thailand)
Yamaha Motor Da Amazone (Yamaha Brazil)
KYB-UMW Malaysia Sdn. Bhd. (Yamaha Malaysia)
PT Kaereta Api Indonesia
Kayaba Industry Co., Ltd. (Suzuki Japan)
Kayaba Thailand Co., Ltd. (Suzuki Thailand)
Yamaha Motor Da Amazone (Yamaha Brazil)
KYB-UMW Malaysia Sdn. Bhd. (Yamaha Malaysia)
b. Sejarah Perusahaan
Gb. PT. KAYABA INDONESIA
Berikut ini adalah
sejarah singkat tentang PT. Kayaba Indonesia dari tahun 1977 - 2011
1. Tahun 1977
Pembangunan sarana
dan prasana serta kelengkapan mesin-mesin produksi yang di perlukan. Produksi
yang pertama kalinya pelaksanaan produksi piranti peredam kejut.
2. Tahun 1978
Pelaksanaan
produksi pembuatan shock absorber fornt fork dan Oil cushion unit.
3. Tahun 1979
Penjualan peredam kejut ke
pasar bebas.
4. Tahun 1982
Perluasan lahan
baru dengan menambah area industry dengan luas area 28.723m3. Pembentukan organisasi 5K
dalam management PT. Kayaba Indonesia
dan pembentukan organisasi QCC (Quality Control Cyrcle).
5. Tahun 1985
Penjualan peredam kejut “Super
1000” untuk pasar bebas.
6. Tahun 1986
Penjualan OCU
untuk pasar bebas, penjualan peredam kejut gas dan penjulan stay damper untuk karoseri kendaraan.
7. Tahun1988
Pembuatan serta
penjualan shock absorber kerta api. Penambahan line baru untuk piston rod, dan pembentukan
organisasi P2K3.
8. Tahun 1990
Perubahan tata
letak perkantoran, gudang dan lay
out mesin-mesin. Perubahan
seragam menjadi putih-putih.
9. Tahun 1991
Penambahan line baru (underbracket machining, inner
tube, outer tube, casting). Dan penerapan system kanban di lineproduksi.
10. Tahun 1995 (Oktober)
PT Kayaba Indonesia II dibangun
dan mulai beroperasi.
11. Tahun 1997 (Januari)
PT Kayaba Indonesia memperoleh sertifikat ISO
9002
12. Tahun 1997 (September)
PT Kayaba Indonesia
menambah factory baru di kawasan industri MM2100
Cibitung.
13. Tahun 2003 (April)
Factory di
kawasan industry MM2100 Cibitung diresmikan untuk produk shock absorber roda dua.
14. Tahun 2006 (Januari)
Penambahan line fronk fork baru di plan cibitung.
15. Tahun 2007 (February)
Perubahan simbol PT Kayaba Indonesia.
16. Tahun 2008
Produksi shock absorber 4W pindah dari Kawasan Industri
Pulogadung ke Kawasan Industri MM2100 Cibitung,
seluruh kegiatan produksi shock absorber dilaksanakan di Cibitung.Tahun
2009
17. Tahun 2011
Pembutan serta meresmikan
masjid dan ruang packaging, painting dan parking
are for motorcycle.
c. Produksi
Shock yaitu suatu alat atau benda yang mempunyai gaya pegas atau mengayun,
memantul yang dimana biasanya shocktersebut
di gunakan pada alat-alat atau mesin-mesin perkakas serta mobil dan montor.
Tujuan shock yaitu
memiliki beberapa tujuan
yaitu:
1. Mencegah terbenturnya antara ke dua permukaan benda.
2. Membuat benda mempunyai daya
gerak secara vertikal atau horizontal .
3. Memperindah penampilan pada
mesin atau kendaraan.
Gb.
Produk PT. KAYABA INDONESIA
Shock terbuat
dari besi yang
berhubungan dengan aluminium, materi
utamanya adalah:
a. Plat besi
b. Besi
c. Aluminium
d. Baja campur
Gb. Aluminium murni sebagai material
Gb. Material
Aluminium yang dilebur
GbProses Machining
Gb
|
||||
Gb.
Proses Assembling
B. PT. PAKOAKUINA
a.
Company
Information
Nama
Perusahaan : PT. Pakoakuina
Alamat Perusahaan : Jalan Surya Madya III Kav. 1-35, Teluk Jambe, Karawang, Jawa Barat
Telepon : +62 (267) 440 665
Email : scr@pakoakuina.com
Web : www.pakoakuina.com
Shareholders : Inkoasku Group
Product : Alloy wheel rims
for the automotive industry
Visi
Commitment to provide reliable quality steel wheel products,
supplying for Original Equipment Manufacturer (OEM) market in Indonesia and
other countries.
|
Commitment to provide reliable quality on trucks and buses
steel wheel products, supplying for OEM and replacement market in Indonesia
and other countries.
|
To become a reliable alloy wheel manufacturer for OEM and
International after market.
|
Misi
To become international player through excellence in
productivity, quality, safety and teamwork.
|
Having business competitiveness through maintaining the
efficiency for customer satisfaction, and creating new design.
|
Having business competence through cooperation with licensor
and building up high standard in technology for International quality.
|
b.
Sejarah singkat PT. Pakoakuina
Pertama pada tahun 1976 PT. Inkoasku mulai memproduksi
pelek kaleng untuk Toyota Kijang. Namun sekarang kami telah tumbuh menjadi Inkoasku
Group yang mana terdiri dari PT. Inkoasku, PT.Palingda Nasional, PT.
Pakoakuina.
PT. Inkoasku memproduksi : Pelek
kaleng untuk kendaraan niaga dan penumpang
PT. Palingda Nasional memproduksi : Pelek untuk bus dan
truk
PT. Pakoakuina memproduksi : Pelek aluminium
Inkoasku
Group juga bekerjasma dengan TOPY INDUSTRIES Ltd., Japan. Topy merupakan produsen pelek
yang cukup besar di Negara Jepang.
Inkoasku Group memiliki kapasitas
produksi sebagai berikut :
Ø 1.500.000
unit/tahun untuk pelek kendaraan penumpang atau niaga
Ø 900.000
unit/tahun untuk pelek bus dan truk
Ø 580.000
unit/tahun untuk pelek aluminium
Kebijakan
Quality Policy Statement Inkoasku
Group :
Ø Style
of Products
Ø Productivity
in Manufacturing
Ø Exellence
in Quality, Safety, Teamwork, and Service
Ø Efficiency
in All Aspects
Ø Delivery
on time
Customers
Inkoasku Group dan Sertifikat Inkoasku Group
List of Customers :
List of Customers :
· Daimler Chrysler
· Malaysian Truck &
Bus (MTB/Malaysia)
List of Customers :
· TOPY (Japan)
· Avantek (Australia)
|
c.
Proses
Produksi
C. Tangkuban Parahu
Gunung cantik ini dinamai
Tangkuban Perahu, memang kalau dilihat dari jauh mirip banget dengan perahu terbalik.
Menurut legenda orang Sunda, ini adalah warisan dari Sangkuriang
Untuk mencapai
Tangkuban Perahu, sangat mudah. Bisa pake mobil, sepeda motor atau angkutan
umum. Wilayah wisata tangkuban perahu posisinya ada diutara kota
Bandung,
tepatnya di Cikole Lembang.
Untuk pergi ke sana,
dari Bandung kota
kita mengadakan perjalanan sekitar 7 km ke arah Lembang, sebuah kota susu nan dingin.
Seterunya mengambil jalur ke utara atau arah Subang sekitar 7 km lagi, nah pas
di Cikole, atau titik puncak pass antara perbatasan Bandung – Subang ada arah ke kekiri menuju
Tangkuban Perahu.
Disitu ada papan
penunjuk arah yang jelas menunjukkan arah tangkuban perahu.
Dari titik pertigaan ini, kita akan
melalui jalan mendaki dan berkelok sekitar 3-4 km menuju arah puncak dengan
memasuki hutan pinus dan perdu. Sepanjang jalan seringkali kita ditemani kabut
tipis nan dingin, apalagi di musim hujan, menambah suasana romantis.
Setelah perjalanan mendaki, kita
akan masuk kawasan kawan Tangkuban Perahu dimana kita disuguhi keelokan kawah
tangkuban perahu yang melegenda itu.
Kita bisa berjalan dan mengambil
foto di gigiran kawah yang indah sambil sesekali menikmati bau belerang yang
tertiup angin.
D.
Cibaduyut
Ingin berbelanja
sepatu, tas, dompet dan berbagai aksesoris pakaian lainnya, Cibaduyut adalah
tempat yang tepat jika Anda ingin berbelanja barang-barang tersebut di Bandung. Luas areal
kawasan belanja Cibaduyut ini mencapai 14 kilometer dan meliputi lima kelurahan di Kota Bandung dan tiga kelurahan di
Kabupaten Bandung.
Sepanjang jalan Cibaduyut memiliki ratusan bahkan ribuan pengrajin sepatu dan
sandal yang tersebar di daerah tersebut, menjadikan Cibaduyut tempat wisata
belanja ideal bagi Anda yang gemar belanja.
Soal kualitas,
sepatu produksi Cibaduyut memiliki kualitas yang terbaik. Sepatu-sepatunya
tidak kalah dengan sepatu produksi dari luar negeri. Bahkan di sini Anda bisa
memesan sepatu dengan kreasi Anda sendiri.
Sejarah Cibaduyut
Menilisik sejarah Cibaduyut sebagai sentra produksi sepatu berawal
pada tahun 1918 yang diawali oleh beberapa warga Cibaduyut yang belajar membuat
sepatu dari orang Jakarta yang bernama Bang Naen dan Bang Gelang.
Berawal dari situlah kemudian muncul usaha persepatuan yang akhirnya menjadi
industri kecil yang dimulai sekitar tahun 1920-an.
Pada tahun
1940-an jumlah pengrajin sepatu kian bertambah meluas sampai daerah Cangkuang
dan Sukamenak. Keberadaan para pengrajin saat itu sudah memiliki kemampuan yang
semakin maju dan mampu menangani pesanan-pesanan dari pedagang besar dari luar
daerah. Walau usaha mereka masih tergolong home industry.
Dekade-dekade
selanjutnya, Cibaduyut pun semakin berkembang hingga tempat ini terkenal dengan
deretan toko-tokonya yang terpanjang di Asia,
bahkan di dunia. Tempat ini kali pertama diresmikan pada tahun 1989 oleh
Presiden Soeharto sebagai salah satu destinasi wisata. Perkembangan pusat
perbelanjaan di Cibaduyut pada tahun-tahun selanjutnya mengalami pasang surut,
terlebih lagi saat menjamurnya Factory Outlet di Bandung. Namun demikian saat
ini Cibaduyut pun kembali mengalami peningkatan jumlah pengunjung, dan
toko-toko sepatu mulai kembali ramai, terutama pada hari-hari libur.
BAB III
PENUTUP
Demikian laporan mengenai kegiatan kunjungan industri (
KI ) yang telah kami laksanakan semoga laporan ini bisa bermanfaat dan berguna
sebagaimana mestinya. Dan apabila ada tulisan kami yang kiranya kurang berkenan
kami mengucapkan mohon maaf atas apa yang terdapat didalam laporan kami.
A.
KESIMPULAN
Dengan membaca laporan
ini kita bisa mengambil kesimpulan antara lain :
1.
Kita dapat
mengetahui kondisi di dunia industri.
2.
Kita dapat melihat
langsung proses produksi di industri.
3.
Kita dapat menambah
wawasan/pengetahuan selain dari KBM disekolah.
4.
Kita diharapkan akan
lebih siap apabila akan terjun ke dunia industri.
B.
SARAN
1.
Kegiatan KI ini
sangat positif. Tetapi alangkah baiknya KI ini dilaksanakan pada saat duduk di
kelas XI ( tingkat II ).
2.
Kegiatan KI ini bisa
dijadikan sebagai motivasi untuk siswa.
0 comments:
Post a Comment