Seseorang yang dimuliakan adalah ia yang bermanfaat bagi sesamanya, Semoga Blog ini bermanfaat untuk anda :)

Sunday, 23 March 2014

Contoh Laporan Kunjungan Industri dan Pariwisata


BAB I
PENDAHULUAN

  1. Latar Belakang

Kunjungan Industri ( KI ) adalah merupakan salah satu jenis kegiatan pembelajaran diluar lingkungan sekolah untuk menambah wawasan siswa dan serta untuk melihat langsung bagaimana suasana/kondisi industri yang sesuai dengan program keahlian masing-masing.
Pada tahun pelajaran 2013/2014 ini SMK N 2 SURAKARTA telah selesai melaksanakan kegiatan kunjungan industri ( KI ) untuk menambah wawasan/pengetahuan serta pengalaman bagi siswa untuk Program Keahlian Teknik Pemesinan ( TPM ).

  1. Tujuan KI

Kegiatan Kunjungan Industri ( KI ) ini bertujuan untuk :

1.      Menambah wawasan tentang bidang Program Keahlian Teknik Pemesinan.
2.      Membandingkan pengetahuan di sekolah dengan yang ada di dunia industri.
3.      Melihat secara langsung kondisi lapangan dunia industri.
4.      Menambah semangat siswa untuk lebih giat dalam mendalami kompetensi keahlian Teknik Pemesinan.
5.      Mengembangkan ide kreatif siswa untuk berkarya sesuai dengan bidangnya.

C.   Waktu Pelaksanaan KI

Kegiatan Kunjungan Industri ( KI ) telah dilaksanakan pada :

                                    Hari                 : Senin-Kamis
                                    Tanggal           : 26 Agustus – 29 Agustus 2013
                                    Waktu                         : 13.00 WIB – Selesai

D.   Lokasi KI

Kami melakukan kunjungan industri ( KI ) di tempat yang telah ditentukan sebagai berikut :
1.            PT. Kayaba Indonesia
2.            PT. Pakoakuina
3.            Objek wisata Tangkuban Prahu
4.            Cibaduyut

BAB II 
KUNJUNGAN

A.         PT. KAYABA INDONESIA

Gb. Logo PT. KAYABA INDONESIA

a.            Company Information

Nama Perusahaan     : PT. KAYABA INDONESIA
Alamat Perusahaan  : Jln. Jawa blok II no. 4 Kawasan Industri                 MM2100 Cikarang Barat, Bekasi 17520
Telepon                    : (62-21) 8981456, 8980114
Faximile                   :  (62-21) 8980713, 89983169
Tahun Berdiri           : 1976
Company Status       : Joint Venture ( Foreign Investment )
Pemegang Saham     : PT. ASTRA OTOPARTS Tbk
                                   KAYABA CORPORATION
                                   TOYOTA TSUSHO CORPORATION
                                   PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing
Hasil Produksi          : Shock Absorber
                                   Front Fork
                                   Oil Cushion Unit
                                   Damper ( Stay Damper, Chair Damper, Steering Damper, Engine Hood )
Customer                  : PT Astra Daihatsu Motor (DAIHATSU)
PT Astra Nissan Diesel Indonesia (NISSAN DIESEL)
PT Daimler Chrysler Indonesia (MERCEDES BENZ)
PT General Motor Indonesia (CHEVROLET) 
PT Hino Indonesia Mfg. (HINO)
PT Hyundai Indonesia Motor (HYUNDAI)
PT Indomobil Suzuki International (SUZUKI)
PT Kia Mobil Indonesia (KIA)
PT Krama Yudha Tiga Berlian Motor (MITSUBSHI)
PT Nissan Motor Indonesia (NISSAN)
PT Pantja Motor (ISUZU)
PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TOYOTA)
UD Trucks Co., Ltd.
                                 PT Yamaha Indonesia Motor Mfg. (YAMAHA)
PT Indomobil Suzuki International (SUZUKI)
PT Kawasaki Motor Indonesia (KAWASAKI)
PT Sanmotor Indonesia (VESPA)
PT Kanzen Motor Indonesia (KANZEN)
                                 PT Astra Otoparts Tbk-Domestic Division
                                 Daytona Int. Trading Corp. (Daytona)
PT Kaereta Api Indonesia
Kayaba Industry Co., Ltd. (Suzuki Japan)
Kayaba Thailand Co., Ltd. (Suzuki Thailand)
Yamaha Motor Da Amazone (Yamaha Brazil)
KYB-UMW Malaysia Sdn. Bhd. (Yamaha Malaysia)
                                    
b.    Sejarah Perusahaan




Gb. PT. KAYABA INDONESIA
Berikut ini adalah sejarah singkat tentang PT. Kayaba Indonesia dari tahun 1977 - 2011
1.      Tahun 1977
Pembangunan sarana dan prasana serta kelengkapan mesin-mesin produksi yang di perlukan. Produksi yang pertama kalinya pelaksanaan produksi piranti peredam kejut.
2.      Tahun 1978
Pelaksanaan produksi pembuatan shock absorber fornt fork dan Oil cushion unit.
3.      Tahun 1979
Penjualan peredam kejut ke pasar bebas.
4.      Tahun 1982
Perluasan lahan baru dengan menambah area industry dengan luas area 28.723m3.  Pembentukan organisasi 5K dalam management PT. Kayaba Indonesia dan pembentukan organisasi QCC (Quality Control Cyrcle).

5.      Tahun 1985
Penjualan peredam kejut “Super 1000” untuk pasar bebas.
6.      Tahun 1986
Penjualan OCU untuk pasar bebas, penjualan peredam kejut gas dan penjulan stay damper untuk karoseri kendaraan.
7.      Tahun1988
Pembuatan serta penjualan shock absorber kerta api. Penambahan line baru untuk piston rod, dan pembentukan organisasi P2K3.
8.      Tahun 1990
Perubahan tata letak perkantoran, gudang dan lay out mesin-mesin. Perubahan seragam menjadi putih-putih.
9.      Tahun 1991
Penambahan line baru (underbracket machining, inner tube, outer tube, casting). Dan penerapan system kanban di lineproduksi.
10.  Tahun 1995 (Oktober)
PT Kayaba Indonesia II dibangun dan mulai beroperasi.
11.  Tahun 1997 (Januari)
PT Kayaba Indonesia memperoleh sertifikat ISO 9002
12.  Tahun 1997 (September)
PT Kayaba Indonesia menambah factory baru di kawasan industri MM2100 Cibitung.
13.  Tahun 2003 (April)
Factory di kawasan industry MM2100 Cibitung diresmikan untuk produk shock absorber roda dua.
14.  Tahun 2006 (Januari)
Penambahan line fronk fork baru di plan cibitung.
15.  Tahun 2007 (February)
Perubahan simbol PT Kayaba Indonesia.
16.  Tahun 2008
Produksi shock absorber 4W pindah dari Kawasan Industri Pulogadung ke Kawasan Industri MM2100 Cibitung, seluruh kegiatan produksi shock absorber dilaksanakan di Cibitung.Tahun 2009
17.  Tahun 2011
Pembutan serta meresmikan masjid dan ruang packaging, painting dan parking are for motorcycle.








c.       Produksi

Shock yaitu suatu alat atau benda yang mempunyai gaya pegas atau mengayun, memantul yang dimana biasanya shocktersebut di gunakan pada alat-alat atau mesin-mesin perkakas serta mobil dan montor. Tujuan shock yaitu memiliki beberapa tujuan yaitu:
1.             Mencegah terbenturnya antara ke dua permukaan benda.
2.             Membuat benda mempunyai daya gerak secara vertikal atau horizontal .
3.             Memperindah penampilan pada mesin atau  kendaraan.

Gb. Produk PT. KAYABA INDONESIA

Shock terbuat dari besi yang berhubungan dengan aluminium, materi utamanya adalah:
a.         Plat besi
b.        Besi
c.         Aluminium
d.        Baja campur

                  

















Gb. Aluminium murni sebagai material


 


Gb. Material Aluminium yang dilebur








                GbProses Machining
      
                                                                                                            Gb







CASTING
 


 




                                 


 









                                                             Gb. Proses Assembling
                                            




B.   PT. PAKOAKUINA



a.            Company Information
                                
                                 Nama Perusahaan           : PT. Pakoakuina
                     Alamat Perusahaan         : Jalan Surya Madya III Kav. 1-35,     Teluk Jambe, Karawang, Jawa Barat
                     Telepon                           : +62 (267) 440 665
                     Email                              : scr@pakoakuina.com
                     Web                                : www.pakoakuina.com
                     Shareholders                   : Inkoasku Group
                     Product                           : Alloy wheel rims for the automotive industry
                                       Visi              
Commitment to provide reliable quality steel wheel products, supplying for Original Equipment Manufacturer (OEM) market in Indonesia and other countries.
Commitment to provide reliable quality on trucks and buses steel wheel products, supplying for OEM and replacement market in Indonesia and other countries.
To become a reliable alloy wheel manufacturer for OEM and International after market.
                                        Misi
To become international player through excellence in productivity, quality, safety and teamwork.
Having business competitiveness through maintaining the efficiency for customer satisfaction, and creating new design.
Having business competence through cooperation with licensor and building up high standard in technology for International quality.

b.           Sejarah singkat PT. Pakoakuina
                    
                  Pertama pada tahun 1976 PT. Inkoasku mulai memproduksi pelek kaleng untuk Toyota Kijang. Namun sekarang kami telah tumbuh menjadi Inkoasku Group yang mana terdiri dari PT. Inkoasku, PT.Palingda Nasional, PT. Pakoakuina.
            PT. Inkoasku memproduksi : Pelek kaleng untuk kendaraan niaga dan penumpang
PT. Palingda Nasional memproduksi : Pelek untuk bus dan truk
PT. Pakoakuina memproduksi : Pelek aluminium
          Inkoasku Group juga bekerjasma dengan TOPY INDUSTRIES Ltd., Japan.                Topy merupakan produsen pelek yang cukup besar di Negara Jepang.

            Inkoasku Group memiliki kapasitas produksi sebagai berikut :

Ø  1.500.000 unit/tahun untuk pelek kendaraan penumpang atau niaga
Ø  900.000 unit/tahun untuk pelek bus dan truk
Ø  580.000 unit/tahun untuk pelek aluminium

                        Kebijakan Quality Policy Statement Inkoasku Group :

Ø  Style of Products
Ø  Productivity in Manufacturing
Ø  Exellence in Quality, Safety, Teamwork, and Service
Ø  Efficiency in All Aspects
Ø  Delivery on time

                        Customers Inkoasku Group dan Sertifikat Inkoasku Group
 

List of Customers :









 

List of Customers :
·  Daimler Chrysler
·  Malaysian Truck & Bus (MTB/Malaysia)








 
List of Customers :
·  TOPY (Japan)
·  Avantek (Australia)











c.                   Proses Produksi






C.   Tangkuban Parahu
            
          Gunung cantik ini dinamai Tangkuban Perahu, memang kalau dilihat dari jauh mirip banget dengan perahu terbalik. Menurut legenda orang Sunda, ini adalah warisan dari Sangkuriang 
Untuk mencapai Tangkuban Perahu, sangat mudah. Bisa pake mobil, sepeda motor atau angkutan umum. Wilayah wisata tangkuban perahu posisinya ada diutara kota Bandung, tepatnya di Cikole Lembang.
Untuk pergi ke sana, dari Bandung kota kita mengadakan perjalanan sekitar 7 km ke arah Lembang, sebuah kota susu nan dingin. Seterunya mengambil jalur ke utara atau arah Subang sekitar 7 km lagi, nah pas di Cikole, atau titik puncak pass antara perbatasan Bandung – Subang ada arah ke kekiri menuju Tangkuban Perahu.
Disitu ada papan penunjuk arah yang jelas menunjukkan arah tangkuban perahu.
Dari titik pertigaan ini, kita akan melalui jalan mendaki dan berkelok sekitar 3-4 km menuju arah puncak dengan memasuki hutan pinus dan perdu. Sepanjang jalan seringkali kita ditemani kabut tipis nan dingin, apalagi di musim hujan, menambah suasana romantis.
Setelah perjalanan mendaki, kita akan masuk kawasan kawan Tangkuban Perahu dimana kita disuguhi keelokan kawah tangkuban perahu yang melegenda itu.
Kita bisa berjalan dan mengambil foto di gigiran kawah yang indah sambil sesekali menikmati bau belerang yang tertiup angin.



                                                                                                 





















D.   Cibaduyut

Ingin berbelanja sepatu, tas, dompet dan berbagai aksesoris pakaian lainnya, Cibaduyut adalah tempat yang tepat jika Anda ingin berbelanja barang-barang tersebut di Bandung. Luas areal kawasan belanja Cibaduyut ini mencapai 14 kilometer dan meliputi lima kelurahan di Kota Bandung dan tiga kelurahan di Kabupaten Bandung. Sepanjang jalan Cibaduyut memiliki ratusan bahkan ribuan pengrajin sepatu dan sandal yang tersebar di daerah tersebut, menjadikan Cibaduyut tempat wisata belanja ideal bagi Anda yang gemar belanja. 
Soal kualitas, sepatu produksi Cibaduyut memiliki kualitas yang terbaik. Sepatu-sepatunya tidak kalah dengan sepatu produksi dari luar negeri. Bahkan di sini Anda bisa memesan sepatu dengan kreasi Anda sendiri.

Sejarah Cibaduyut

Menilisik sejarah Cibaduyut sebagai sentra produksi sepatu berawal pada tahun 1918 yang diawali oleh beberapa warga Cibaduyut yang belajar membuat sepatu dari orang Jakarta yang bernama Bang Naen dan Bang Gelang. Berawal dari situlah kemudian muncul usaha persepatuan yang akhirnya menjadi industri kecil yang dimulai sekitar tahun 1920-an.
Pada tahun 1940-an jumlah pengrajin sepatu kian bertambah meluas sampai daerah Cangkuang dan Sukamenak. Keberadaan para pengrajin saat itu sudah memiliki kemampuan yang semakin maju dan mampu menangani pesanan-pesanan dari pedagang besar dari luar daerah. Walau usaha mereka masih tergolong home industry.
Dekade-dekade selanjutnya, Cibaduyut pun semakin berkembang hingga tempat ini terkenal dengan deretan toko-tokonya yang terpanjang di Asia, bahkan di dunia. Tempat ini kali pertama diresmikan pada tahun 1989 oleh Presiden Soeharto sebagai salah satu destinasi wisata. Perkembangan pusat perbelanjaan di Cibaduyut pada tahun-tahun selanjutnya mengalami pasang surut, terlebih lagi saat menjamurnya Factory Outlet di Bandung. Namun demikian saat ini Cibaduyut pun kembali mengalami peningkatan jumlah pengunjung, dan toko-toko sepatu mulai kembali ramai, terutama pada hari-hari libur.


         
BAB III
PENUTUP

                   Demikian laporan mengenai kegiatan kunjungan industri ( KI ) yang telah kami laksanakan semoga laporan ini bisa bermanfaat dan berguna sebagaimana mestinya. Dan apabila ada tulisan kami yang kiranya kurang berkenan kami mengucapkan mohon maaf atas apa yang terdapat didalam laporan kami.



A.    KESIMPULAN

                        Dengan membaca laporan ini kita bisa mengambil kesimpulan antara lain :

1.      Kita dapat mengetahui kondisi di dunia industri.
2.      Kita dapat melihat langsung proses produksi di industri.
3.      Kita dapat menambah wawasan/pengetahuan selain dari KBM disekolah.
4.      Kita diharapkan akan lebih siap apabila akan terjun ke dunia industri.

B.     SARAN
1.      Kegiatan KI ini sangat positif. Tetapi alangkah baiknya KI ini dilaksanakan pada saat duduk di kelas XI ( tingkat II ).
2.      Kegiatan KI ini bisa dijadikan sebagai motivasi untuk siswa.



Share:

0 comments:

BTemplates.com

About

BTemplates.com

Total Pageviews

Blog Archive

Terimakasih atas kunjungannya, dan pastinya semoga bermanfaat!. Powered by Blogger.

Blog Archive