Seseorang yang dimuliakan adalah ia yang bermanfaat bagi sesamanya, Semoga Blog ini bermanfaat untuk anda :)

Tuesday 18 March 2014

Laporan Hasil Kegiatan Usaha



laporan hasil kegiatan kewirausahaan

KEWIRAUSAHAAN
LAPORAN HASIL PRAKTEK LAPANGAN

DISUSUN OLEH
1.Beni Febrizal
2.Deni Sardi
3. Junilpi Putra
4. Perdo Haince Sihombing
5.  Yulia Jasmani
DOSEN PEMBIMBING
KHAIRIAH ELWARDAH
FAKULTAS SYARI’AH DAN EKONOMI ISLAM
JURUSAN MUAMALAH
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI
(IAIN) BENGKULU
2013



PENDAHULUAN
Dalam menghadapi tantangan bisnis termasuk dalam menghadapi customer maka sebagai mahasiswa kita juga harus belajar dalam memasarkan suatu produk. Dalam tugas akhir mata kuliah kewirausahaan ini kami mencoba melakukan sebuah usaha sederhana guna mendapatkan pembelajaran untuk menjadi seorang wirausahawan. Usaha ini di dasari oleh tugas kelompok kelas kewirausahaan dimana tugas ini dikerjaan secara berkelompok, terdiri dari Yulia Jasmani, Deni Sardi, Junilpi Saputra, Perdo Haince Sihombing, Beni Febrizal. usaha yang kami jalankan merupakan sebuah usaha singkat yang mungkin bisa menjadi peluang bagi setiap individu untuk masa yang akan datang. saat ini kami mencoba menawarkan pisang coklat, sala lauak, acessories jilbab dilingkungan IAIN Bengkulu. 
tujuan usaha ini merupakan sebuah pencapaian tujuan usaha yaitu profit, akan tetapi tidak hanya sekedar profit saja yang kami coba temukan melainkan penekanan pada pengalaman sebuah proses wirausaha. Karena melalui penjualan pemasaran ini kami dituntut untuk berinteraksi dengan orang banyak, bagaimana cara menawarkan dengan baik dan sopan, meyakinkan pembeli untuk membeli prodak yang kita tawarkan dan memberikan pelayanan yang terbaik agar customer merasa puas.    




                                                                                                Bengkulu, 5 Juli 2013



Pelaksanaan Kegiatan
Waktu dan Tempat
Pelaksanaan kegiatan ini dilakukan di beberapa tempat dalam waktu 2 hari yaitu
Hari/Tanggal        : Selasa,  4 Juni 2013
Waktu                   : Pukul 08.00 - 11.00 Wib
Kegiatan ini kami lakukan di lingkungan kampus IAIN dengan target pemasaran adalah mahasiswa/i, dosen dan karyawan IAIN itu sendiri. Kegiatan ini berlangsung selama 3 jam, kami mencoba menawarkan produk kami keberbagai kalangan yang disekitar Gedung D terutama, Gedung Fakultas, Gedung Perbankan, dan Gedung L-Bass.
         Proses Produksi atau Proses Perekrutan Barang
Dalam proses pembuatan pisang coklat ini, kami membuatnya di malam dan pagi hari sebelum di jual dan di pasarkan. Bahan-bahan di beli sehari sebelum kami mengerjakannya. Adapun bahan-bahan dan peralatan yang di butuhkan yaitu:
No
Bahan yang diperlukan
Ukuran
Harga
1
Minyak Goreng
½ kg
5.000
2
Kulit Lumpiah

14.000
3
Pisang Jantan
1 Sisir
7.000
4
Mesis Coklat
¼ kg
4.000

Jumlah Modal Awal

30.000

Peralatan
         Penggorengan (kuali)
         Sendok penggorengan (spatula)
         Tempat pisang coklat
         Pisau
Pemasaran
Proses pemasaran yang kami lakukan yaitu dengan cara promosi langsung kepada customer, saat pisang coklatnya telah di buat. Kami mencari pembeli dengan langsung menghampiri orang-orang yang sedang istirahat dan orang-orang yang sedang duduk di luar dan di dalam ruangan. Kami juga menawarkan kepada dosen kelas kami saat mata kuliah yang di ajarkan telah selesai, tidak sampai disitu saja kami pun mencoba kegedung Fakultas pada jam istirahat dan kegedung  L-Bass. Setelah menawarkan produk kami akhirnya banyak terjadinya transaksi atau pembelian. Bahkan sebelum melakukan sosialisasi produk ada beberapa customer yang langsung membeli. Kebanyakan  dari pembeli kami adalah mahasiswa/i  yang sedang santai menunggu kuliah selanjutnya dan sehubungan itu mereka dalam keadaan lapar, sehingga penjualan pisang coklat berjalan dengan lancar dan banyak yang membeli.
Penjualan
Kegiatan ini terdiri dari transaksi, sehingga kegiatan penjualan terdiri dari serangkaian yang meliputi, menemukan customer, pengenalan produk, memasang harga dan syarat-syarat pembayaran. Penjualan yang kami lakukan merupakan produk pangan/makanan, yakni pisang coklat. Proses penjualan yang kami lakukan berdasarkan target dan analisa kami, karena itu penjualanan kami lakukan kebanyakan dari mereka tidak sempat sarapan dari rumah sehingga membutuhkan makanan untuk menambah energi.
Laporan Keuangan Praktek Lapangan Anggaran Realisasi
No
Bahan yang diperlukan
Harga
1
Minyak Goreng
5.000
2
Kulit Lumpiah
14.000
3
Pisang Jantan
7.000
4
Mesis Coklat
4.000
Modal Pada Hari Pertama
30.000


Penjualan
Pisang coklat yang terjual habis 52 pisang coklat, kami menjual pisang coklat ini 3 buah dengan harga Rp. 2.500, akan tetapi jika membeli 1 buah maka kami hargai Rp. 1.000 dan ada 4 orang yang membeli satu-satu dan 16 orang membeli dengan harga Rp. 2.500, sehingga:
16 x Rp. 2.500
Rp. 40.000
4 x Rp. 1.000
Rp. 4.000
Hasil penjualan
Rp. 44.000
Modal yang keluar
Rp. 30.000
Keuntungan penjualan
Rp. 10.000

Hasil dan Pembahasan
Kegiatan ini kami lakukan agar mendapatkan sebuah pengalaman dan pembelajaran untuk menjadi seorang wirausaha yang baik. Kegiatan ini merupakan kegiatan yang bermanfaat bagi mahasiswa/i untuk melatih jiwa berwirausaha, mempelajari begaimana cara menawarkan produk dengan baik dan berinteraksi dengan orang banyak. Dari keseluruhan kegiatan yang kami lakukan maka kami dapat menganalis bahwasanya usaha yang kami jalankan sebenarnya bisa di laksanakan secara continue di dalam lingkungan kampus IAIN karena pasar yang pontesial dan sangat menerima produk kami.
Laporan Kegiatan Hari ke- 2
Waktu dan Tempat
Hari/Tanggal                    : Rabu, 5 Juni 2013-07-04
Waktu                              : Pukul 08.00 - 12.00
Di lakukan di Gedung D, Gedung Perbankan, L-Bass dan kantin.
Proses produksi atau proses perekrutan barang sama dengan tahap 1
No
Bahan yang diperlukan
Harga
1
Minyak Goreng
5.000
2
Kulit Lumpiah
19.000
3
Pisang Jantan
7.000
4
Mesis Coklat
4.000
Modal Awal
37.000

Peralatan
         Penggorengan (kuali)
         Sendok penggorengan (spatula)
         Tempat pisang coklat
         Pisau
Penjualan
Pada hari ke-2 ini saat malamnya kami mengulangi pisang coklat yang akan di goreng besok pagi kami mendapatkan pesanan dari teman kampus bahwa ia ingin memesan 18 buah pisang coklat dan kami bernegosiasi dengan harga melalui via telepon dan di setujui dengan harga sama yaitu 3 @ Rp 2.500. kami memberikan bonus 1 buah pisang coklat sebagai taktik dalam pemasaran. Teman kami pun ada yang tertarik lagi 4 menjemput 12 pisang coklat dengan bonus 1 buah pisang coklat jadi malamnya kami mendapatkan 30 buah pesanan pisang coklat. Tansaksi uang kami lakukan esok harinya di kampus IAIN dan di pagi harinya kami membuat 43 buah pisang coklat dan kami pasarkan disekitar lingkungan IAIN Bengkulu, kami menjual harga yang tetap pada hari ke-2. Totoal pisang coklat yang laku terjual bersama malam pembuatan yaitu 75 buah pisang coklat dengan 2 bentuk pemesanan sebanyak 32 buah pisang coklat dan 43 buah pisang coklat di pasarkan di area kampus. Untuk pemasaran malam 32 buah dengan 2 bonus di dalamnya menjadi 30 yang di hitung di jual.


30 : 3
10
10 x Rp. 2.500
Rp. 25.000

Untuk penjualan siang hari 43 buah pisang coklat dan yang terhitung di jual 42 pisang coklat menjadi

42 : 3
14

14 x Rp. 2.500
Rp. 35.000
Total hasil penjualanan hari ke-2
Rp. 25.000 + Rp. 35.000
Rp. 60.000
Modal Awal

Rp. 37.000
Jadi keuntungan
Rp. 60.000 – Rp. 37.000
Rp. 23.000
Sehingga total seluruh keuntungan
Rp. 10.000 + Rp. 23.000
Rp. 33.000








LAPORAN KEGIATAN KEWIRAUSAHAAN TANPA MODAL
Perekrutan Barang Non Makanan
Dalam memperoleh barang tanpa modal untuk non makanan kami agak sedikit memutar otak bahwa barang apa yang akan kami jadikan sebagai produk pemasaran kami? Dan akhirnya kami memutuskan untuk mencoba bermain dengan produk accesories yakni lebih tepatnya mainan jilbab. Dalam perekrutan atau pengambilan barang kami bekerja sama dengan toko “SETIA” accesories yang ada di pasar panorama. Dengan kerja sama ini pihak toko awalnya mempertimbangkan kinerja dan prospek usaha kami ini, tapi setelah kami bernegoisasi dengan pemilik tokonya langsung kami akhirnya mencapai kesepakatan dan adanya suatu perjanjian yang di tawarkan oleh pihak toko di sertai dengan persyaratan yakni :
1.      Barang yang sudah diambil dari toko tidak dapat di kembalikan lagi
2.      Batas waktu pembayaran modal
3.      1 macam bentuk minimal ambil 3 buah
Setelah mengambil persyaratan itu kami memilih mainan jilbab 1 lusin atau 12 buah tetapi dengan motif dan model yang berbeda dan kami menyanggupi pelunasan pembayaran terakhir pada hari Sabtu, 29 Juni 2013. Dan untuk pemasaran non makanan ini sasaran utama kami adalah mahasiswa/i tetapi yang lebih dikhususkan kepada mahasiswi yang terutama dalam kampus islami yang semuanya berjibab, memungkinkan produk yang kami tawarkan terjual habis.

Waktu dan Tempat
Pelaksanaan kegiatan di lakukan di beberapa tempat dalam waktu 2 hari.
Hari/Tanggal : Kamis- Jum’at, 26-27 Juni 2013
Kegiatan ini kami lakukan di lingkungan kampus IAIN dengan target pemasaran adalah mahasiswa/i, dosen dan karyawan IAIN itu sendiri. Kegiatan ini berlangsung selama 3 jam, kami mencoba menawarkan produk kami keberbagai kalangan yang disekitar Gedung D, Gedung Pustek Info dan Gedung L-Bass.
Proses Perekrutan Barang
Dalam proses perolehan barang yang akan dijual kami mencari barnag yang memungkinkan laku di jual terlebih dahulu, kebetulan kami mendapatkan ide dari salah satu teman kelompok kami bahwa di dekat masjid biasa ia datangi ada ibu-ibu yang sering menjual makanan kepada anak-anak yang akan mengaji di masjid tersebut dan kami pun tertarik untuk memasarkan produk atau barang tersebut. Makanan ini dinamakan “SALA”, oleh karena sehari sebelum kami memesankan “SALA” tersebut kami memenui ibu yang sering berjualan sala tersebut, kami bernegoisasi, bermusyawarah, dan menjelaskan maksud dan tujuan kami bahwa kami hendak memasarkan produk makanan ibu itu di lingkungan kampus kami. Tanpa banyak kata ibu itu menyetujui dan menyambut baik maksud kami. Kemudian ibu penjual sala itu memasang harga untuk 1 buah sala Rp. 500 dan kami boleh mengambilnya terlebih dahulu besok pagi pukul 08.00.
Pemasaran = dihalaman 1 hanya tempatnya liat diatas
Penjualan
Dalam proses penjualan yang terdiri transaksi yang mempetemukan anatara customer dan penjual. Penjualan kami lakukan secara langsung kepada calon customer. Target penjualan utama kami tidak lain adalah mahasiswa/i yang sedang duduk-duduk dikelas dan diluar kelas sambil menunggu dosen datang, dalam penjual ini kami menjual 2 jenis produk yakni:
26 Juni 2013, kami menjual “SALA Lauak” sebanyak 50 butir dan
27 Juni 2013, kami menjual accesories jilbab.
Dalam kegiatan ini ibu penjual tersebut memberi harga ke kami Rp. 500/ sala, dan kami jual 3 buah Rp. 2.000, sehingga setiap 3 buah penjualan sala kami memperoleh untung Rp. 500. Kami mengambil sebanyak 50 buah sala. Kami bekerja sama dengan ibu Rosdiati yang memproduksi sala lauak tersebut.
Sedangkan untuk non makanan kami bekerja sama dengan toko accesories setia di panorama. Untuk jenisnya kami mengambil sama saja yaitu bros jilbab hanya bentuk 4 modelnya yang berbeda, kami mengambil 2 macam bentuk motif yakni:
8 unit bros bunga dengan harga            @3.200
Dan kami jual lagi dengan harga           @5.000
4 unit bros double dengan harga           @3.000
Dan kami jual kembali dengan harga    @5.000
Laporan Keuangan Sala lauak
50 buah dengan harga Rp. 500
50 x 500
Rp. 25.000

Jadi kami membayar kepada ibu Rosdiati sejumlah Rp. 25.000, dan kami jual 3 buah Rp. 2.000, dari 50 buah yang terjual sala lauak dan sisanya untuk cicipan dari 48 buah itu kami memperoleh Rp. 32.000.

48 : 3
32
Jumlah Penjualan
32 x 200
Rp. 32.000

Untuk mendapatkan laba:
Laba Penjualan
Pendapatan – pembelian
Rp. 32.000 – Rp. 25.000
Rp. 7.000
Jadi laba bersih

Rp. 7.000

Bross Jilbab
9 unit dengan harga modal Rp. 3.200/unit
Modal
9 x Rp. 3.700
Rp. 28.800

3 unit bross double,  harga modal Rp. 3.200
Modal
3 x Rp. 3.000
Rp. 9.000

Jumlah yang harus di bayarkan ke toko
Rp. 28.800 + Rp. 9.000
Rp. 37.800

Kami jual dengan harga penjualan setara yakni @5.000/unit
Penjualan
Jumlah barang x harga
12 x Rp. 5.000
Rp. 60.000

Laba
Jumlah penjualan – pembelian barang
Rp. 60.000 – Rp. 37.800
Rp. 22.200

Jadi laba yang kami peroleh adalh Rp. 22.200
kesimpulan
kesimpulan dari kegiatan yang telah kami lakukan adalah bahwa mahasiswa/i sangat memerlukan proses pembelajaran ini. menawarkan dan menjual produk kepada mahasiswa/i, dosen dan karyawan memiliki banyak manfaat untuk menjadi seorang wirausaha yang handal dan sukses. Bahkan dapat kami simpulkan bahwa modal bukan lah segalanya dalam dunia usaha seperti ini, asalkan ada kemauan dan keinginan dalam berusaha pasti kita bisa melakukannya. hanya saja kita harus benar-bener melihat peluang yang ada serta berbagai hal yang penting seperti segmentasi, target dan positioningnya.
saran
saran yang ingin kami sampaikan yaitu semoga dalam perkuliahan kewirausahaan selanjutnya kegiatan praktek lapangan ini tetap bisa dilaksanakan dan ditingkatkan lebih lagi karena sangat bermanfaat bagi para mahasiswa/i yang ingin menjadi seorang wirausaha yang handal, kegiatan ini dapat menjadi proses awal bagi mahasiswa/i sebelum terjun langsung di dunia bisnis. Dan peluang bisnis yang sangat potensial di lingkungan IAIN Bengkulu adalah bisnis makanan dan non makanan sehingga perlu dilanjutkan secara continue.

Share:

0 comments:

BTemplates.com

About

BTemplates.com

Total Pageviews

Blog Archive

Terimakasih atas kunjungannya, dan pastinya semoga bermanfaat!. Powered by Blogger.

Blog Archive