Laporan Kegiatan Kewirausahaan Praktek
Lapangan Kelompok 7
Dosen : Djadja Ahmad Sardjana
Disusun Oleh :
Efrianty Sitanggan – 0108278
Chaerul Rizal – 0108298
Sheila Tofani – 0110U321
Muhammad Ryan Rinaldhi – 0110U027
Fakultas Ekonomi Jurusan Akuntansi – S1
Universitas Widyatama
2011
Pendahuluan
Dalam menghadapi tantangan bisnis termasuk menghadapi customer
maka sebagai mahasiswa kita juga harus belajar dalam memasarkan suatu produk.
Dalam tugas akhir mata kuliah kewirausahaan ini kami mencoba melakukan sebuah
usaha sederhana guna mendapatkan pembelajaran untuk menjadi seorang
wirausahawan. Usaha ini didasari oleh tugas kelompok kelas Kewirausahaan dimana
tugas ini dikerjakan secara berkelompok, terdiri dari Efrianty Sitanggang,
Chaerul Rizal, Sheila Tofani.
Usaha yang kami jalankan merupakan sebuah usaha singkat
yang mungkin bisa menjadi peluang bagi setiap individu untuk masa yang akan
datang. Saat ini kami mencoba menawarkan roti bakar di lingkungan Universitas
Widyatama.
Tujuan usaha ini merupakan sebuah pencapaian tujuan usaha
yaitu profit, akan tetapi tidak hanya sekedar profit saja yang kami coba
temukan melainkan penekanan pada pengalaman sebuah proses wirausaha. Karena
melalui penjualan dan pemasaran ini kami dituntut untuk berinteraksi dengan
orang banyak, bagaimana cara menawarkan dengan baik dan sopan, meyakinkan
pembeli untuk membeli produk yang kita tawarkan dan memberikan pelayanan yang
terbaik agar customer merasa puas.
Pelaksanaan
Kegiatan
Waktu dan Tempat
Pelaksanaan kegiatan
ini dilakukan di beberapa tempat dalam waktu satu hari yaitu :
Hari/Tanggal
: Rabu, 14 Desember 2011
Waktu :
Pukul 08.00 – 13.00 WIB
Kegiatan ini kami
lakukan di lingkungan kampus Universitas Widyatama dengan target pemasaran
adalah mahasiswa-mahasiswa, karyawan di Universitas Widyatama itu sendiri.
Kegiatan ini berlangsung selama kurang lebih 5 jam, kami mencoba menawarkan
produk kami ke berbagai kalangan yang ada di sekitar gedung C, gedung K, gedung
F, Kopma, Puslok (Pustaka Loka), UKM – UKM yang ada dan beberapa tempat lain di
lingkungan Universitas Widyatama.
Proses Produksi/ Proses perekrutan barang
Dalam proses
pembuatan roti bakar ini, kami mengerjakannya di pagi hari sebelum di jual dan
dipasarkan. Bahan-bahan dibeli sehari sebelum kami mengerjakannya. Adapun
bahan-bahan dan peralatan yang dibutuhkan yaitu :
Bahan :
Roti Sharon toas panjang 4 bungkus (isi 18 lembar) @Rp. 30.000,-
Selai Strawberry Paleta 250 gr @Rp. 5.500,-
Selai Blueberry Paleta 250 gr @Rp.5.500,-
Meses Ceres Classic 225 gr @Rp. 16.100,-
Keju Zeddar 250 gr @Rp. 15.000,-
Tissue suntiss 50 lembar @Rp. 2.000,-
Margarin blue band 200 gr @Rp. 5.000,-
Peralatan :
Panggangan roti, penjepit, piring tempat roti, sendok makan.
Pemasaran
Proses pemasaran yang kami lakukan yaitu dengan cara
promosi langsung kepada customer, pada saat roti dibakar, dua orang
mencari pembeli dan menawarkannya, sehingga seteleh roti matang pembeli bisa
langsung menikmatinya. Selain mendatangi orang-orang yang lagi duduk santai
menunggu kelas atau hanya bercerita-cerita, kami juga melakukan pemasaran
melalui mobile, kami menawarkan roti bakar kepada beberapa teman-teman
yang kami kenal untuk membeli. Banyak yang datang untuk mencoba roti bakar
kami.
Dengan melakukan tahap-tahap diatas kami berusaha untuk membujuk customer
agar tertarik perhatiannya pada produk sehingga pada akhirnya bisa melakukan
pembelian atau transaksi. Bahkan setelah kami melakukan sosialisasi produk ada
beberapa customer yang langsung membeli. Kebanyakan dari customer
kami adalah mahasiswa/i yang sedang menunggu kuliah di lingkungan kampus
Universitas Widyatama pada waktu pagi hari karena kebanyakan
mahasiswa-mahasiswa yang kuliah pagi hari tidak sempat sarapan dari rumah,
sehingga penjualan roti bakar pun dapat berjalan lancar dan banyak yang beli.
Penjualan
Kegiatan penjualan merupakan kegiatan pelengkap atau suplemen dari transaksi,
oleh karena itu kegiatan penjualan terdiri dari serangkaian yang meliputi,
menemukan si pembeli, pengenalan produk, negosiasi harga serta syarat-syarat
pembayaran. Penjualan yang kami lakukan merupakan sebuah rangkaian penjualan
produk dimana produk-produk tersebut merupakan produk pangan.
Dalam kegiatan ini kami mencoba menawarkan roti bakar. Proses penjualan
yang kami lakukan berdasarkan segmentasi, targeting dan positioning
yang dianalisis secara nalar. Oleh karena itu kami melakukan penjualan
kebanyakan pada Mahasiswa-mahasiswa yang kuliah pada pagi hari karena
kebanyakan dari mereka tidak sempat sarapan dari rumah sehingga membutuhkan
makanan berat untuk menambah energi.
Laporan Keuangan Praktek Lapangan
|
||
Anggaran
|
Realisai
|
|
Roti
|
36.000
|
30.000
|
Selai Strawberry
|
6.300
|
5.500
|
Selai Blueberry
|
6.300
|
5.500
|
Meses
|
14.500
|
16.100
|
Keju
|
16.500
|
15.000
|
Tissue
|
4.500
|
2.000
|
Margarin
|
5.000
|
5.000
|
Jumlah
|
84.100
|
79.100
|
Modal :
|
|
Rp.30.000 x 3 orang
|
= Rp. 90.000,-
|
Realisasi
|
= Rp. 79.100,-
|
Sisa Modal
|
= Rp. 10.900,-
|
Tambahan Modal
|
= Rp. 24.000,-
|
Total sisa modal
|
= Rp. 34.900,-
|
Penjualan :
|
Roti yang terjual habis ada 36 lembar roti x Rp. 3.000
= Rp. 108.000,-
|
modal yang keluar = Rp. 79.100,-
|
keuntungan penjualan = Rp. 28.900,-
|
Hasil dan Pembahasan
Kegiatan ini kami lakukan agar mendapatkan sebuah pengalaman dan pembelajaran untuk
menjadi seorang Wirausaha yang handal disamping mendapatkan profit. Kegiatan
ini merupakan kegiatan yang sangat bermanfaat bagi mahasiswa khususnya kami,
karena dengan melakukan kegiatan seperti ini maka kami mendapatkan sebuah
pengalaman untuk menjadi seorang Wirausaha, mempelajari bagaimana cara
menawarkan dengan baik dan berinteraksi dengan orang banyak. Dari keseluruhan
kegiatan yang kami lakukan maka kami dapat menganalisa usaha yang kami jalankan
sebenarnya cocok untuk dilaksanakan secara continue di dalam Lingkungan
kampus karena pasar yang potensial dan sangat menerima.
Kesimpulan dan Saran
Kesimpulan
Kesimpulan dari kegiatan yang telah kami lakukan adalah bahwa mahasiswa
sangat memerlukan proses pembelajaran seperti ini. Menawarkan dan menjual
produk kepada mahasiswa memiliki banyak manfaat untuk menjadi seorang wirausaha
yang handal dan sukses. Bahkan dapat kami simpulkan bahwa modal bukan lah
segalanya dalam dunia usaha seperti ini, asal ada kemauan dan keinginan untuk
berusaha pasti kita bisa melakukannya. Hanya saja kita harus benar-benar
melihat peluang yang ada serta berbagai hal yang penting seperti segmentasi,
target dan positioningnya.
Saran
Saran yang ingin
kami sampaikan yaitu semoga dalam perkuliahan kewirausahaan selanjutnya
kegiatan Praktek Lapangan ini tetap bisa dilaksanakan dan ditingkatkan lebih
lagi. Karena sangat bermanfaat bagi para mahasiswa yang ingin menjadi seorang
wirausaha yang handal. Kegiatan ini dapat menjadi proses awal bagi mahasiswa
sebelum terjun langsung di dunia bisnis. Dan peluang bisnis yang mungkin sangat
potensial di lingkungan Universitas Widyatama adalah bisnis pangan, sehingga
perlu dilanjutkan secara continue.
0 comments:
Post a Comment